Konsumsi 9 Makanan Ini untuk Bantu Atasi Keinginan Konsumsi Makanan Manis (1)

Maya Safira - detikFood Senin, 12 Sep 2016 12:25 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Tak mudah mengekang keinginan konsumsi makanan manis berbahan gula. Meski begitu ada jenis makanan yang bisa mengatasinya.

Gula sudah lama jadi topik perdebatan terkait efeknya bagi kesehatan. Banyak orang yang bisa memilih makan sehat untuk sarapan dan makan siang. Namun kemudian tetap mencari makanan manis di sore atau malam hari.

Ada beberapa cara dalam mengurangi keinginan konsumsi gula. Salah satunya dengan mengubah pola makan. Menurut Dr. Libby, nutritional biochemist Australia, pilihlah makanan sehat yang bisa membantu mengatasi ngidam gula. Stuff.co.nz merangkum makanan-makann sesuai anjuran Dr. Libby.

1. Sayuran hijau


Sayuran berdaun hijau cenderung punya rasa pahit. Ini bisa membantu mengurangi keinginan konsumsi gula. Jika Anda makan manis dikala stres atau depresi, cobalah bereksperimen dengan tambahan sayuran hijau. Misalnya bayam, kale dan lainnya untuk makan sehari-hari.

2. Kimchi


Bakteri dalam usus berkembang karena gula dan bisa jadi faktor penyebab keinginan konsumsi manis. Fermentasi sayuran seperti kimchi dan sauerkraut, membantu microbiome usus dengan memperkenalkan bakteri baik lebih banyak dalam usus.

3. Minyak kelapa
Ketika Anda mengurangi atau menghilangkan konsumsi gula dari pola makan, cobalah beri rasa makanan dengan lemak sehat. Minyak kelapa memiliki sedikit rasa manis dan terdiri dari medium-chain triglycerides (MCT).

Lebih jauh lagi, minyak kelapa mengandung lauric acid, caprylic acid dan capric acid. Kandungan tersebut punya sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh dan bakteri usus yang sehat. Ini juga memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Teh herbal


Simpanlah teh herbal bercitarasa kuat seperti jahe atau peppermint. Bisa juga liquorice yang manis alami. Teh liquorice merupakan pilihan enak setelah makan malam. Terutama jika biasa muncul keinginan makan manis di malam hari. Cobalah selama satu minggu dan lihat apakah berkurang keinginan makan cokelat atau kue.

5. Pisang


Pisang jadi pilihan terbaik, khususnya saat dipadukan dengan berry yang rendah fruktosa. Gunakan pisang untuk pemanis rasa smoothies atau kue. Bisa juga menjadi alternatif es krim. Pisang juga cocok dicampurkan dengan kacang-kacangan sebagai camilan.

(adr/odi)