Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Jun 2018 13:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Usai menikmati makanan bersantan dan tinggi gula, kini saatnya untuk kembali ke menu sehat. 5 buah-buahan ini bisa bantu hilangkan lemak perut.

Menurut beberapa studi, buah tidak hanya dapat membantu lancarkan pencernaan. Mereka juga dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah hingga membantu membakar lemak dalam perut dan menurunkan berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa, selain rajin berolahraga dan berdiet, makan berbagai jenis buah jadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak di perut. Hal ini dikarenakan buah kaya akan zat gizi dan mineral alami.

Dikutip dalam pulse.ng (13/06), berikut ini beberapa buah yang paling tepat untuk membantu proses pembakaran lemak di perut.

Baca juga: Atasi Perut Buncit dengan Rutin Konsumsi 8 Makanan Ini (1)

1. Grapefruit

Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar IniFoto: iStock

Para peneliti telah mengaitkan efek dari makanan yang bersifat membakar lemak dengan kombinasi dari phytochemical dan vitamin C dalam grapefruit.

Dan menurut sebuah studi dalam Jurnal Metabolisme, makan setengah buah grapefruit sebelum makan dapat membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol pada perut. Faktanya, beberapa orang yang diteliti dalam studi selama enam minggu ini mengalami penyusutan satu inci setelah makan grapefruit setiap kali makan.

2. Apel

Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar IniFoto: iStock

Hayo pasti semuanya suka dengan buah ini? Buah apel kaya akan zat gizi yang dapat membantu tingkatkan sistem imunitas. Buah apel juga sangat baik untuk mendapatkan Anda perut yang lebih ramping dan membantu penurunan berat badan karena kandungan serat dan fitonutriennya yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa serat dan fitonutrien dapat membantu memperlambat pencernaan makanan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menyeimbangkan produksi gula darah dengan tidak meningkatkannya secara drastis yang kemungkinan dapat menyebabkan penambahan berat badan atau penyakit lain seperti diabetes.

3. Tomat

Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar IniFoto: iStock

Meskipun tomat umumnya dikenal sebagai campuran untuk memasak, akan tetapi buah ini banyak mengandung vitamin C dan fitonutrien yang sangat efektif untuk singkirkan lemak dalam perut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu tubuh untuk membakar lemak yang sudah tersimpan dengan olahraga. Dan fitonutrien karotenoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu turunkan berat badan dan kesehatan kardiovaskular.

4. Semangka

Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar IniFoto: iStock

Sedang ingin mengecilkan lingkar perut? Makanan rendah kalori bisa jadi pilihan. Semangka jadi salah satu buah yang dapat membantu turunkan berat badan juga.

Semangka tidak hanya kaya akan kandungan air tapi juga mengandung beberapa vitamin dan antioksidan. Meskipun penelitian mengenai efek langsung semangka terhadap kehilangan lemak perut belum terlalu populer. Akan tetapi buah ini sangat sehat dan baik untuk menunjang penurunan berat badan Anda.

5. Nanas

Lemak di Perut Mulai Nonjol Lagi? Gempur dengan 5 Buah Segar IniFoto: iStock

Penelitian telah menunjukkan bahwa nanas yang merupakan buah tinggi vitamin C, mangan, tiamin, tembaga, serat dan vitamin B6 dapat membantu ratakan perut Anda. Selain itu, buah nanas juga bisa mencergah gangguan lambung dan membantu tubuh untuk membakar kalori ekstra.

Buah nanas juga dikenal mengandung enzim bromelain. Enzim ini dapat memetabolisme protein dan berkontribusi dalam menunjang kesehatan tubuh hingga penurunan berat badan.

Baca juga: Gempur Lemak di Perut dengan Konsumsi 15 Makanan Super Ini



Tonton juga 'Ingin Sehat? Hindari 2 Tipe Lemak Ini':

[Gambas:Video 20detik]

(lus/lus)