Konsumsi Mangga Terbukti Bisa Sembuhkan Sakit Perut dan Sembelit

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Jun 2018 12:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebuah penelitian menunjukkan, buah mangga bisa mengurangi masalah pencernaan. Bahkan lebih efektif dari makanan berserat tinggi lainnya.

Sakit perut, atau sembelit memang jadi salah satu masalah pencernaan yang paling umum. Jangan langsung minum obat, Anda bisa mengonsumsi buah segar yang mengandung banyak serat dan nutrisi.

Baca Juga: Agar Tak Sembelit, Hindari Sarapan 7 Makanan Ini Ya!
Konsumsi Mangga Terbukti Bisa Sembuhkan Sakit Perut dan SembelitFoto: iStock
Salah satunya buah mangga. Buah manis ini mengandung serat dan nutrisi, yang disebut polifenol. Polifenol dikabarkan dapat mengobati sembelit, dan radang asam urat. Polifenol lebih efektif dibandingkan dengan obat, atau suplemen serat.

Dilansir Daily Mail UK (07/06), satu dari lima orang dewasa diperkirakan menderita masalah pencernaan jangka panjang. Sebuah studi kemudian dilakukan, yang melibatkan 36 pria dan wanita dengan masalah sembelit kronis.

Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan dosis harian mangga sebesar 300 gram, atau satu buah. Sementara kelompok lainnya, diberikan suplemen dengan kandungan serat setara.
Konsumsi Mangga Terbukti Bisa Sembuhkan Sakit Perut dan SembelitFoto: iStock

Selama satu bulan, semua peserta mengikuti pola makan ini, tanpa merubah asupan kalori, karbohidrat, protein, lemak, atau serat.

Hasilnya menunjukkan, bahwa kedua kelompok memiliki sembelit atau gangguan pencernaan yang berkurang. Namun, kelompok yang mengonsumsi mangga, lebih efektif dalam mengurangi gelaja sembelit. Dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi bubuk serat saja.

Selain itu, buah mangga juga membantu memperbaiki bakteri di usus, sekaligus mengurangi peradangan.
Konsumsi Mangga Terbukti Bisa Sembuhkan Sakit Perut dan SembelitFoto: iStock
Menurut salah satu peneliti, Profesor Susanne Mertens-Talcott, dari Texas A&M University mengatakan bahwa suplemen serat atau obat pencahar, memang dapat menyembuhkan sembelit. Namun, kedua obat tersebut tidak bisa menyembuhkan gejala lain, seperti peradangan.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa buah mangga memiliki banyak keunggulan, dibandingkan suplemen serat." pungkas Susanne. Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan di Journal Molecular Nutrition & Food Research.

Baca Juga: Sering Sembelit? Atasi dengan Rutin Makan Brokoli dan Ubi (sob/odi)