Agar Tak Sembelit, Hindari Sarapan 7 Makanan Ini Ya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati, Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 20 Apr 2018 08:28 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sembelit di pagi hari membuat perut tak nyaman. Karenanya hindari 7 makanan ini saat sarapan agar pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari sembelit.

Pemilihan makanan yang tepat di pagi hari membantu Anda terhindar dari sembelit. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan agar perut tak mengalami gejala sembelit seperti perut kembung dan begah.

Dikutip dari Bold Sky (19/4), inilah 7 makanan yang harus dihindari agar tak alami sembelit.


1. Pisang mentah
Pisang jadi buah favorit saat sarapan, tapi hindari makan pisang mentah karena bisa memicu sembelit. Ini karena kandungan pati yang tinggi pada pisang mentah. Pastikan mengonsumsi pisang yang warnanya kuning, pertanda sudah matang. Pisang matang tinggi kandungan serat yang justru bantu sehatkan usus.

Agar Tak Sembelit, Hindari Sarapan 7 Makanan Ini Ya!Foto: Istimewa

2. Makanan cepat saji
Masih ada sisa burger atau fried chicken semalam? Jangan melahapnya di pagi hari ya! Konsumsi makanan cepat saji bisa sebabkan sembelit karena tinggi kandungan lemak dan garam serta minim serat. Ini menyebabkan tubuh tidak bisa memproses makanan secara maksimal hingga sampai dicerna ke usus. Sembelit pun tidak bisa terhindarkan.

3. Makanan olahan
Makanan olahan seperti sosis, nugget dan bacon tak bagus dikonsumsi berlebihan termasuk saat sarapan. Minimnya serat membuat makanan olahan sebabkan sembelit. Sebaiknya pilih makanan yang mengandung gandum utuh atau serat seperti buah-buahan untuk pilihan terbaik.

Agar Tak Sembelit, Hindari Sarapan 7 Makanan Ini Ya!Foto: iStock

4. Kopi
Kopi jadi pilihan banyak orang untuk memulai hari. Sayangnya minum kopi juga bisa memicu sembelit karena kafein bisa membuat tubuh dehidrasi saat dikonsumsi terlalu banyak. Padahal usus butuh hidrasi yang cukup agar makanan bisa diproses dengan benar. Sebaiknya hindari minum terlalu banyak kopi di pagi hari. Ganti dengan air mineral yang lebih menyehatkan.

5. Nasi putih
Nasi putih memicu konstipasi karena merupakan gandum olahan yang sebagian kulitnya sudah dihilangkan. Mengonsumsi nasi putih berlebihan memang tak masalah, tapi sebaiknya tetap dihindari di pagi hari agar tak sembelit. Sebagai alternatif ada nasi merah atau nasi cokelat yang seratnya lebih banyak.

Agar Tak Sembelit, Hindari Sarapan 7 Makanan Ini Ya!Foto: Ilustrasi/thinkstock

6. Produk susu
Susu atau keju sering dikonsumsi saat sarapan. Namun sayangnya produk olahan susu ini bisa membuat sembelit karena kandunga protein yang bersifat memperlambat gerakan usus. Kalau setelah minum susu atau makan keju, Anda merasakan sembelit, coba ganti dengan konsumsi sayuran atau susu nabati.

7. Makanan tinggi lemak
Makanan tinggi lemak bisa baik sekaligus buruk untuk kesehatan. Baik karena makanan ini memasok energi dan bantu melindungi organ vital. Tapi makanan tinggi lemak seperti telur, alpukat dan ikan salmon sayangnya tidak mengandung serat terlalu banyak. Sehingga konsumsinya perlu diimbangi dengan asupan buah atau sayuran lain yang memang tinggi serat.

(adr/odi)