Kurangi Bau Bawang Putih di Mulut dengan Konsumsi Bahan Makanan Ini

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 05 Jun 2018 10:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Aroma bawang putih yang tajam tak hanya sebabkan bau mulut, tapi juga bau badan tak sedap. Untuk itu, ketahui cara tepat untuk mengusir aroma tak sedap itu.

Sebelum mengetahui cara menghilangkannya, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab aroma itu tertinggal di mulut. Penyebabnya ialah karena senyawa sulfur yang ada di bawang putih. Selain itu, bawang putih juga meningkatkan pertumbuhan mikroba di dalam mulut. Sehingga sebabkan bau mulut.

Bahkan membuat mulut Anda lebih bau dari biasanya.Hal ini dikarenakan senyawa sulfur tadi ikut masuk ke dalam paru-paru lewat udara yang Anda hirup. Hal lain yang turut terkena imbas dari senyawa ini ialah bau badan. Karena sulfur bisa keluar lewat pori-pori kulit. Sehingga tubuh pun ikut mengeluarkan aroma tak sedap.

Kurangi Bau Bawang Putih di Mulut dengan Konsumsi Bahan Makanan IniFoto: iStock
Baca juga: Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!

Umumnya orang menyikat gigi atau berkumur dengan mouthwash untuk menghilangkan bau dimulut. Namun cara itu tidak bisa menghilangkan bau secara efektif.

Tapi ada beberapa bahan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menghilangkan bau tak sedap itu. Walaupun tidak bekerja secara efektif, makanan ini setidaknya bisa menghilangkan aroma bawang putih yang tajam.

Kurangi Bau Bawang Putih di Mulut dengan Konsumsi Bahan Makanan IniFoto: GettyImages/Telegrah
Caranya, konsumsi makanan yang mengandung polifenol. Senyawa ini bisa mempercepat proses penguapan sulfur. Karenanya Anda bisa mengonsumsi teh hijau atau peppermint seperti dilansir Metro UK (4/6).

Selain itu, Anda bisa minum segelas susu. Karena kandungan lemak dalam susu bisa menetralkan aroma bawang putih. Efektivitasnya sama dengan memakan daun peterseli, kapulaga, adas hingga cengkeh. Untuk buah, Anda bisa mengonsumsi lemon. Lemon punya sifat antibakteri. Sehingga ampuh bunuh bakteri di dalam mulut.

Kurangi Bau Bawang Putih di Mulut dengan Konsumsi Bahan Makanan IniFoto: iStock
Tapi kalau tidak punya bahan-bahan tadi, Anda bisa mengunyah permen karet tanpa gula. Selama mengunyah, aroma bawang akan tertahan. Atau setelah menggosok gigi, pastikan Anda menyeka bagian lidah dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Baca juga: Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu Ini (dwa/odi)