Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 30 Okt 2017 18:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Napas Anda menjadi bau tidak hanya disebabkan karena Anda malas menggosok gigi. Banyak faktor yang menyebabkan napas Anda menjadi bau, makanan bisa jadi penyebabnya.

Dikutip dari NDTV (27/10), ada beberapa makanan yang terbukti bisa menyebabkannya nafas Anda menjadi bau. Mungkin Anda tidak menyadari setelah mengkonsumsi beberapa makanan, nafas dan mulut Anda terasa bau. 5 makanan ini mungkin jadi penyebabnya.

Baca juga: Agar Mulut Tak Bau, Rutinlah Makan Apel dan Minum Teh Hijau (1)

1. Bawang Putih

Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!Foto: iStock

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan juga sebagai bumbu penyedap. Namun bawang putih memiliki efek negatif bagi napas Anda. Bawang putih dapat membuat mulut dan napas Anda bau hingga 24 jam.

Karena bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Sulfur akan berbau dengan dampak lebih lanjut yang diserap dalam aliran darah atau pada pencernaan. Hal tersebut menyebabkan nafas Anda terasa bau.

2. Bawang bombay

Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!Foto: iStock

Sama seperti bawang putih, bau dari bawang bombay juga tahan lama jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak. Senyawa sulfur diserap masuk ke dalam aliran tubuh Anda dan menyebabkan nafas Anda bau saat menghembuskannya. Untuk mengurangi aromanya, bilas mulut Anda secepat mungkin setelah Anda mengkonsumsi bawang bombay agar nafas Anda tak beraroma bau.

3. Kopi

Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!Foto: Getty Images

Bagi sebagian orang yang tidak menyukai kopi, mungkin hal ini dapat membuat Anda kurang nyaman. Karena kopi adalah salah satu penyebab nafas Anda menjadi bau. Kopi merupakan dehidrator natural. Jika mulut Anda kering maka kafein yang ada dalam mulut Anda akan mengering juga.

Saat mulut tidak menghasilkan cukup air liur, mulut menjadi berbau karena air liur bisa membunuh bakteri di dalam mulut. Tanpa air liur maka bakteri akan tumbuh dan menyebabkan bau mulut. Cara untuk menghilangkan bau mulut tersebut adalah dengan cara minum air putih setelah Anda mengkonsumsi kopi. Air putih dapat membantu mengurangi bau tak sedap secara signifikan.

4. Ikan Tuna

Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!Foto: iStock

Ikan, khususnya protein yang dikemas dalam tuba kaleng, telah lama dikaitkan dengan bau mulut. Seafood mulai berbau asam dan busuk seiring waktu karena bereaksi dengan asam yang ada di mulut. Anda bisa memakan permen dengan rasa mint tepat setelah makan ikan, hal ini mencegah bau teroksidasi alias mencegah bau mulut yang disebabkan karena mengkonsumsi ikan tuna.

5. Susu

Nafas dan Mulut Bau? Mungkin Anda Kebanyakan Konsumsi 5 Makanan ini!Foto: Thinkstock

Kaya dengan manfaat untuk kesehatan, segelas susu memang membuat tubuh Anda sehat tapi juga meninggalkan efek negatif. Segelas susu membuat Anda memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan, bakteri alami di sekitar lidah bercampur dengan asam amino yang dihasilkan oleh susu dan keju.

Asam amino itu sendirilah yang akan menyebabkan bau busuk dari mulut. Tapi, itu tidak berarti Anda harus menghentikan konsumsi susu. Minumlah dua gelas air putih setelah Anda mengkonsumsi susu agar melarutkan asam amino tersebut.

Dari lima makanan di atas, Anda tidak perlu berhenti mengkonsumsinya. Hanya saja setelah mengkonsumsi makanan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda konsumsi atau lakukan setelahnya. Seperti minum air putih, permen mint, dan lain sebagainya.

Sikat gigi Anda dua kali sehari merupakan hal penting untuk mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut. Minum air secara teratur juga bisa membantu menjaga bakteri dalam mulut.

Baca juga: Agar Mulut Tak Bau, Rutinlah Makan Apel dan Minum Teh Hijau (2) (lus/odi)