Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu Ini

Devi Setya - detikFood Minggu, 28 Jan 2018 18:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Salah satu hal menyebalkan saat memasak adalah aroma bawang putih yang menyengat. Tapi dengan trik jitu ini bau bawang bisa hilang.

Bawang putih terbukti bisa membuat rasa masakan menjadi lebih enak namun aromanya di tangan sangat mengganggu. Dilansir dari Metro (27/1) ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau bawang putih yang lekat di tangan.

1. Gunakan garam dan lemon
Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu IniFoto: Thinkstock

Campurkan air perasan jeruk lemon dengan sedikit garam kemudian gosokkan ke tangan Anda. Asam sitrat pada lemon yang bercampur dengan garam bisa membantu menghilangkan bau bawang putih.

Tapi sebelum menggunakan racikan ini, pastikan tangan Anda tidak sedang terluka atau berkulit sensitif. Karena efeknya justru akan melukai tangan dan membuatnya terasa sakit.

2. Stainless steel
Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu IniFoto: Istock

Cara yang satu ini mungkin terdengar aneh tapi percayalah efeknya sangat ampuh. Bawang putih mengandung molekul belerang yang merupakan penyebab utama bau khas tersebut.

Jika ingin menghilangkan bau bawang putih dengan stainless steel cukup ambil sikat stainless steel yang biasa digunakan untuk menggosok panci. Beri sedikit sabun dan gosokkan perlahan pada tangan Anda. Bilas hingga bersih dan bau bawang putih akan hilang seketika.

Baca juga : Makanan Ini Hilangkan Bau Bawang Putih di Mulut

3. Soda kue
Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu IniFoto: iStock

Soda kue merupakan penyerap bau yang paling bisa diandalkan. Campur satu sendok makan soda kue dengan sedikit air dan aduk sampai berbentuk pasta.

Gosokkan secara merata pada tangan Anda dan bilas. Kini tak ada lagi bau bawang putih yang melekat pada tangan .

4. Pasta gigi dan obat kumur
Hilangkan Bau Tajam Bawang Putih di Tangan dengan 5 Cara Jitu IniFoto: Thinkstock

Bau mint pada pasta gigi atau obat kumur sangat cocok untuk menutupi aroma bawang putih yang kuat di tangan. Alkohol dalam obat kumur bersifat astringent sehingga akan menutup pori-pori di tangan dan dengan mudah menutup bau bawang putih.

Demikian juga dengan pasta gigi, karena sedikit abrasif maka akan mengelupaskan sel-sel kulit. Sementara sifat basa pada pasta gigi akan bereaksi dengan allicin dalam bawang putih dan memecah senyawanya. Gosokkan pasta gigi dan bilas, atau masukkan sedikit obat kumur di telapak tangan Anda dan oleskan secukupnya.

Baca juga : Ini Alasan Bawang Putih Menimbulkan Bau Mulut

5. Gunakan air dingin
Saat mencuci tangan, pastikan Anda selalu menggunakan air dingin. Karena air hangat justru akan membuka pori dan membuat baunya semakin menyerap di dalam tangan Anda.

(dvs/odi)