Minum Air Kelapa Saat Sahur dan Buka Bikin Tubuh Bugar Seharian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Jun 2018 03:33 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Saat puasa penting untuk memastikan tubuh terhidrasi. Salian air putih, minum air kelapa segar bisa jadi salah satu solusi terbaik.

Sudah tak diragukan puasa membawa banyak manfaat kesehatan termasuk membuat tubuh berada dalam kondisi ketosis. Hasilnya risiko inflamasi berkurang, berat badan bisa turun dan penuaan bisa dicegah.

Meski begitu, tantangan utama dari berpuasa adalah membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Pasalnya jika kekurangan cairan, tubuh malah pusing atau lemas.

Minum Air Kelapa Saat Sahur dan Buka Bikin Tubuh Bugar SeharianFoto: iStock

Baca Juga: Rutin Minum Air Kelapa Bikin Awet Muda dan Tak Mudah Sakit

Selain minum air putih, menghidrasi tubuh juga bisa dengan minum air kelapa. Menenggak minuman manis alami ini juga menyediakan pasokan energi usai seharian berpuasa.

Tak hanya itu, air kelapa mengandung elektrolit atau mineral yang mudah diserap tubuh. Proses hidrasi pun jadi lebih efektif dan efisien.

Memasok cukup elektrolit juga bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit sehat dalam tubuh, menyeimbangkan kadar pH, detoksifikasi dan membantu otak berfungsi dengan baik.

Minum Air Kelapa Saat Sahur dan Buka Bikin Tubuh Bugar SeharianFoto: iStock

Untuk pilihan terbaik, minumlah air kelapa alami bukan minuman air kelapa kemasan. Minum di ujung sahur, sekitar 5-10 menit jelang adzan shubuh.

Air kelapa juga bagus diminum ketika buka puasa. Sama seperti kurma, konsumsi air kelapa bisa mengembalikan energi yang hilang dengan cepat sekaligus menghidrasi tubuh dengan lebih baik.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat dari Air Kelapa yang Bisa Bikin Wajah dan Rambut Lebih Sehat (adr/odi)