8 Cara Memasak Ini Bikin Makanan Sehat Jadi Tidak Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Apr 2018 17:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cara memasak mempengaruhi nutrisi makanan yang diolah. Bila tidak tepat mengolahnya, makanan sehat bisa jadi tidak sehat lho!

Mengonsumsi buah, sayur, ikan atau daging segar memang menyehatkan. Tapi jangan sampai salah mengolahnya. Pasalnya ada beberapa cara masak yang membuat bahan makanan sehat jadi kehilangan nutrisinya. Apa saja?

1. Masak sayuran terlalu lama
Hal ini mungkin sering dilakukan banyak orang. Memasak sayuran terlalu lama hingga lembek bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya. Hindari merebus sayuran terlalu lama. Cara terbaik adalah dengan menumisnya sebentar agar nutrisinya tidak hilang. Cara lain ialah dengan memblansir. Sayuran direbus sebentar lalu dimasukkan dalam wadah berisi es batu untuk menghentikan proses masaknya. Dengan begini sayuran masih akan renyah dengan rasa manis gurih alami.

8 Cara Memasak Ini Bikin Makanan Sehat Jadi Tidak SehatFoto: iStock


2. Pakai terlalu banyak bumbu
Pemakaian bumbu memang membuat rasa masakan lebih enak. Tapi kalau terlalu banyak bisa bikin asupan sodium berlebih. Misalnya menambahkan terlalu banyak garam, kaldu ayam dan kecap ke dalam masakan. Terlalu banyak konsumsi sodium berkaitan dengan penyimpanan air di dalam tubuh. Pilih bumbu yang lebih sehat tanpa melalui proses pengolahan seperti kayu manis, lada hitam atau kunyit.

Baca Juga: Inilah 10 Kesalahan Dasar Memasak yang Paling Sering Dilakukan

3. Pakai minyak dengan titik asap rendah
Tidak semua minyak cocok untuk menggoreng. Minyak zaitun, misalnya, memiliki titik asap rendah sehingga tidak cocok dipakai menggoreng. Minyak dengan titik asap rendah berarti begitu mencapai temperatur tertentu akan terbakar dan menghasilkan zat berbahaya. Jadi jangan sekali-sekali menggoreng dengan minyak zaitun. Pilihlah minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak almond atau bunga matahari untuk menggoreng.

8 Cara Memasak Ini Bikin Makanan Sehat Jadi Tidak SehatFoto: iStock

4. Mengupas kulit buah dan sayuran
Beberapa jenis buah dan sayuran paling bagus dikonsumsi bersama kulitnya. Sebut saja kentang, wortel, mentimun dan apel. Ini karena di dalam kulit buah dan sayuran itu terkandung banyak vitamin dan mineral. Kulit buah dan sayuran juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan. Pastikan saja mencuci dengan benar buah dan sayuran saat ingin dimakan bersama kulitnya.

5. Tidak mencuci buah dan sayur dengan benar
Mencuci buah dan sayur penting sebelum mengolahnya. Pencucian yang tepat bisa bantu menyingkirkan pestisida yang mungkin terkandung pada buah dan sayur. Selain dengan air mengalir, Anda bisa menggunakan cairan khusus pencuci buah dan sayur. Atau menambahkan sedikit baking soda ke dalam air pencuci buah dan sayur.

6. Pakai mentega untuk menambah rasa masakan
Menambahkan mentega dalam masakan membuat rasanya lebih gurih enak. Sayangnya hal ini kurang menyehatkan karena mentega tinggi kalori dan mengandung lemak jenuh yang kurang baik untuk kesehatan.

8 Cara Memasak Ini Bikin Makanan Sehat Jadi Tidak SehatFoto: iStock

7. Memanaskan madu
Madu jadi alternatif pemanis alami selain gula. Tapi hindari mengolah madu dalam temperatur tinggi karena panasnya bisa merusak enzim dalam madu. Hal ini akan menurunkan manfaat kesehatan madu.

8. Pakai terlalu banyak minyak
Tanpa sadar mungkin Anda sering menambahkan minyak ke dalam masakan. Padahal menambahkan sesendok makan minyak goreng sama saja dengan menambah kalori hingga 100-150. Agar pemakaian minyak tidak berlebih, olesi wajan terlebih dahulu sebelum memasak. Hindari mengolesi satu per satu bahan makanan dengan minyak.

Baca Juga: Sedang Belajar Memasak? Pelajari Dulu Teknik Dasar Memasak Ini (adr/odi)