Inilah 10 Kesalahan Dasar Memasak yang Paling Sering Dilakukan (2)

- detikFood Rabu, 04 Nov 2015 14:44 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Masakan ​kurang enak​ bisa jadi karena ​kesalahan sepele saat​ memasak​. S​elain kemampuan mengolah makanan​, diperlukan juga​ teknik memasak yang tepat.

​Tidak berani menambah bumbu atau lupa mencicipi makanan bisa jadi kesalahan fatal dalam memasak. Inilah 10 kelasalah yang paling sering dilakukan saat memasak.​


6. Meletakkan makanan basah ke wajan




Sebelum memasukkan makanan ke​ ​dalam wajan khususnya makanan yang akan digoreng, sebaiknya kondisi makanan sudah dalam keadaan kering atau bersuhu ruangan. Makanan basah yang langsung dimasukkan ke​ ​dalam minyak panas akan ​mengubah​ warna makanan menjadi gosong, sementara bagian dalamnya belum matang.

Biasanya ini sering terjadi pada jenis makanan yang dibekukan. Kondisi makanan yang beku bersuhu sangat dingin langsung dimasukkan ke​ ​dalam minyak yang bersuhu panas, membuat bagian terluar makanan berubah warna​ dengan cepat.​

7. Menggunakan pisau tumpul
​Memotong​ menggunakan pisau tumpul akan membuat hasil potongan kurang rapi, hal ini juga dapat membuat efek mata ​berair​ saat memotong bawang. Sebaiknya asah pisau beberapa bulan sekali agar pisau tetap tajam.

8. Memotong daging menggunakan bagian tengah pisau




Pisau untuk memotong daging berbeda dengan pisau yang digunakan untuk memotong sayuran atau buah. Pisau daging memiliki permukaan licin dan halus, dan biasanya sangat tajam.Sementara untuk memotong sayur dan buah biasanya permukaan pisaunya sedikit bergerigi.

9. Mengistirahatkan makanan beberapa menit
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna sebaiknya makanan yang baru keluar dari panggangan dibiarkan selama beberapa menit sebelum masuk ke​ ​tahap pengolahan selanjutnya.

Biarkan makanan menyesuaikan suhu dari panas menjadi suhu ruangan normal, kondisi makanan yang sangat panas justru dapat merusak tekstur makanan.

10. Mengaduk adonan secara berlebihan




Melakukan improvisasi memang sangat mengagumkan namun sebaiknya tetap mengikuti aturan resep yang ada, seperti aturan mengaduk adonan. Terlalu berlebihan atau kurang adukan dapat membuat adonan menjadi keras atau terlalu lembek. Pastikan urutan bahan yang dimasukkan ke​ ​dalam adonan sesuai, perhatikan waktu yang digunakan selama menguleni adonan.




(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com