Daging yang Dimasak Matang Sebabkan Hipertensi? Ini Kata Ahli

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 23 Mar 2018 16:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat makan befsteak banyak orang pilih daging dengan tingkat kematangan 'well done'. Padahal disinyalir daging matang ini dapat picu hipertensi.

Banyak orang, terutama orang Indonesia yang memilih tingkat kematangan sempurna atau well done saat memesan beefsteak. Hal ini karena daging yang masih mengeluarkan jus daging dinilai belum matang.

Cairan merah yang keluar dianggap sebagai jejak darah. Padahal cairan ini ada dalam semua jenis daging yang dipanggang bukanlah darah. Tapi cairan jus daging yang biasa disebut myoglobin atau protein yang ada pada jaringan otot.

Baca Juga: Bukan Darah, Ini Alasan Cairan Steak Berwarna Merah

Daging yang Dimasak Matang Sebabkan Hipertensi? Ini Kata AhliFoto: iStock
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association mengungkap kalau orang yang rutin konsumsi daging dengan tingkat kematangan well done bisa berisiko terkena hipertensi, lapor Daily Meal (22/3).

Penelitian ini melibatkan sebanyak 100.000 orang. Para ahli meneliti cara memasak dan tekanan darah mereka selama 12 hingga 16 tahun. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi daging sapi, ayam, atau ikan yang dimasak dengan suhu tinggi berpotensi terkena hipertensi sebesar 15 hingga 17 persen.

Hasil lainnya, peserta yang memakan daging dengan tingkat kematangan sempurna atau 'well done' punya risiko terkena hipertensi sebesar 15 persen. Dibandingkan dengan peserta yang memakan daging dengan tingkat kematangan 'medium rare'.

Para peneliti juga menyimpulkan orang yang mengonsumsi daging panggang lebih dari 15 kali per bulan punya risiko terkena hipertensi sebesar 17 persen. Dibanding orang yang hanya mengonsumsinya sebanyak empat kali per bulan.

Hal ini dikarenakan adanya senyawa kimia bernama heterocyclic aromatic amines (HAAs) yang dihasilkan saat daging dipanggang dengan suhu tinggi.

Daging yang Dimasak Matang Sebabkan Hipertensi? Ini Kata AhliFoto: iStock
"Zat kimia yang muncul karena daging dimasak dengan suhu tinggi bisa sebabkan stres oksidatif, peradangan, dan resistensi insulin saat diteliti pada hewan," ujar Gang Liu Ph.D selaku kepala penulis penelitian yang mengaitkan hal ini dengan hipertensi.

Namun para peneliti menggaris bawahi penelitian ini tidak bisa dijadikan tolak ukur kalau daging yang dimasak tingkat kematangan 'medium rare' lebih baik daripada 'well done'.

Daging yang Dimasak Matang Sebabkan Hipertensi? Ini Kata AhliFoto: iStock
Masalah hipertensi sebenarnya tidak hanya terjadi karena mengonsumsi daging panggang. Seorang ahli diet asal Amerika bernama Katrina A Trisko berujar," National Cancer Institute telah memperingatkan tentang bahaya kanker jika terlalu sering mengonsumsi daging baik dipanggang atau digoreng."

Menurut ahli, sebaiknya jangan terlalu menghindari makanan yang berisiko memberi dampak buruk bagi kesehatan. Anda harus menjaga pola makan teratur yang seimbang. Jangan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Tapi konsumsi beragam makanan baik dengan cara dipanggang, rebus, goreng maupun tumis.

Baca Juga: Ini Alasan dari Chef Mengapa Medium Rare Tingkat Kematangan Steak Terbaik (dwa/odi)