Ini Alasan dari Chef Mengapa Medium Rare Tingkat Kematangan Steak Terbaik

Annisa Trimirasti - detikFood Minggu, 12 Feb 2017 12:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tingkat kematangan steak apa yang sering Anda pesan? well done? Mulai sekarang pilihlah tingkat kematangan medium rare.

Banyak orang Indonesia suka memesan beefsteak dengan tingkat kematangan well done. Alasannya sederhana, karena takut masih ada darah atau belum matang.

Padahal cairan merah pada beefsteak Anda, bahkan jika Anda pesan dengan kematangan rare, itu bukan darah. Banyak alasan lain mengapa jangan pesan steak well done. Bahkan tingkat kematangan ini disebut picu kanker prostat. Kemudian tingkat kematangan steak apa yang sebaiknya dipesan?

Ini Alasan dari Chef Mengapa Medium Rare Tingkat Kematangan Steak TerbaikFoto: Thinkstock
Dikabarkan oleh This Is Insider (8/2/17), Chef Michael Lomonaco, pemilik restoran beefsteak di New York, Porter House Bar and Grill mengatakan 'Anda salah jika memesan steak apapun yang dimasak di atas medium rare.'

Lomonaco menjelaskan bahwa tidak masalah jenis steak apapun yang Anda pesan, Anda akan mendapatkan rasa terbaik dan sebenarnya dari daging sapi. Sehingga dapat menimmati kelezatan maksium. Jika Anda memesannya dalam tingkat kematangan medium rare.

Medium rare memungkinkan rasa terbaik dengan kecokelatan di bagian luar dan tetap mempertahankan dingin dan juicy pada bagian dalam.

Namun, Lomonaco juga mengatakan bahwa tingkat kematangan rare juga bisa dibilang masuk dalam rentang ideal. Tetapi, temperatur masak di atas medium rare dapat menyebabkan irisan daging keras dan kenyal.

Ini Alasan dari Chef Mengapa Medium Rare Tingkat Kematangan Steak TerbaikFoto: Thinkstock
Lomonaco mengumpamakan makan steak seperti makan telur.

"Steak seperti telur untuk orang-orang. Mereka sangat spesifik tentang bagaimana cara yang mereka suka untuk menikmatinya. Ini merupakan pengalaman bersantap dengan sentuhan personal." ujar Lomonaco.

Tapi, meskipun terkait sentuhan santap personal, Lomonaco tetap mengatakan bahwa pesanan terbaik steak Anda berkisar antara tingkat kematangan rare hingga medium rare.

Jadi sebaiknya, kita mengikuti saran dari ahlinya saja.

Sekarang, jadi terinspirasi masak beefsteak, mungkin untuk sajian Valentine? Saran dari Lomonaco dan tips ini bisa membantu. (lus/odi)