Agar Efektif Turunkan Berat Badan, Makanlah Pisang di Pagi Hari

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 12 Mar 2018 12:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain harganya murah, pisang juga sangat mudah didapat. Tak hanya baik dinikmati setelah berolahraga, buah pisang juga bisa bantu turunkan berat badan.

Buah yang memiliki warna kulit kuning ini mengandung vitamin, mineral dan serat tak larut sehingga kadar indeks glikemiksnya rendah, meningkatkan proses penyerapan dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Pisang bisa membantu turunkan berat badan. Namun, kapankah pisang optimal untuk menunjang penurunan berat badan? Makan pisang yang terbaik adalah pada pagi hari bersama dengan beberapa potong buah atau oatmeal untuk membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Agar Efektif Turunkan Berat Badan, Makanlah Pisang di Pagi HariBuah pisang yang kaya vitamin dan mineral ternyata bisa untuk bantu turunkan berat badan. Foto: iStock

Ini adalah camilan sehat yang baik dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga. Jika Anda ingin menyingkirkan lemak perut yang membandel, penting bagi Anda untuk menjalani program pembakaran kalori. Setiap hari penurunan kalori sebanyak 10-15 persen dapat menyebabkan penurunan berat badan yang potensial.

Baca juga: Sedang Buru-buru? Sarapan Praktis dengan Pisang Bisa Dapat 7 Manfaat Ini!

Dikutip dalam Boldsky (11/03) pisang merupakan sumber makanan tinggi pottasium, karbohidrat, vitamin, serat, mineral dan energi. 100 gram pisang bisa memberi tubuh hampir 90 Kkal. Pisang mengandung karbohidrat sehat yang bisa membuat seseorang merasa berenergi. Kandungan pottasium yang tinggi juga dapat membantu turunkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan serat dalam pisang juga dapat menekan nafsu makan karena memberikan efek rasa kenyang. Pisang juga mengandung sumber vitamin B6. Studi menunjukkan bahwa pisang bisa melawan depresi karena adanya senyawa triptofan. Zat besi juga dapat mencegah masalah sembelit dan memberi manfaat pada penderita anemia.

Buah ini mengandung gula alami yang menginduksi jumlah energi yang cukup untuk menjalani olahraga yang berat. Ini adalah bahan bakar yang dibutuhkan tubuh kita sebelum melakukan latihan atau olahraga.

Ada sekitar 500 variasi pisang yang berbeda dipasaran. Pisang dengan warna hijau bersifat tepung, sedangkan yang matang mengandung gula alami dalam jumlah yang cukup untuk sumber energi. Selain vitamin dan mineral, pisang juga mengandung antioksidan seperti catechin dan dopamine yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Agar Efektif Turunkan Berat Badan, Makanlah Pisang di Pagi HariBuah pisang yang dicampur dengan oatmeal dan beberapa buah untuk sarapan. Foto: iStock

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pisang sangat baik dikonsumsi pagi hari untuk memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan. Tingginya kandungan serat dalam pisang lebih jauh membantu mengubahnya untuk menjadi energi yang membantu dalam memfungsikan organ tubuh sepanjang hari.

Untuk sarapan pagi, Anda bisa mendapatkan pisang matang atau menggabungkannya dengan makanan bergizi lainnya. Anda bisa menyantap pisang dengan cornflakes dan susu untuk sarapan pagi.

Anda bahkan bisa menambahkan irisan pisang dengan oatmeal. Di pagi hari, Anda bisa menjaga diet Anda tetap sederhana dengan mengonsumsi gandum dengan segelas susu, beberapa kacang almond, satu pisang dan telur rebus. Pilihan sarapan lengkap ini bisa membuat Anda kenyang dalam rentang waktu yang lebih lama.

Baca juga: Apa Benar Pisang Baik Dikonsumsi Saat Sarapan? (lus/odi)