Apa Benar Minum Air Putih Usai Makan Kacang Sebabkan Iritasi Tenggorokan?

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 09 Mar 2018 16:40 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Banyak orang percaya kalau minum air setelah makan kacang bisa sebabkan batuk dan iritasi tenggorokan. Beberapa teori juga membenarkan hal ini. Seperti apa penjelasannya?

Kacang jadi camilan favorit saat nonton TV. Rasa gurih dan kriuknya bikin nagih, tapi jangan coba-coba untuk minum air putih setelah makan kacang. Pasalnya menurut beberapa penelitian, hal ini bisa sebabkan batuk hingga masalah lambung.

Sebuah penelitian mengatakan jika ada kandungan minyak di dalam kacang, lapor Food NDTV (27/1). Menurut ahli, Anda tidak boleh minum air setelah makan makanan yang mengandung banyak minyak.

Apa Benar Minum Air Putih Usai Makan Kacang Sebabkan Iritasi Tenggorokan?Foto: iStock

Kandungan minyak yang ada pada makanan bisa menyebabkan pengendapan lemak di dalam tenggorokan. Hal inilah yang menyebabkan iritasi dan batuk.

Baca Juga : Agar Tubuh Tinggi Semampai, Makanlah Kacang dan Telur (1)

Ada teori yang mengatakan kalau kacang menghasilkan panas di dalam tubuh. Karenanya kacang dijadikan camilan musim dingin. Kalau minum air setelah makan kacang, air tadi bisa menghambat proses panas yang dihasilkan kacang.

Sehingga ada suhu panas dan dingin yang serentak masuk dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan batuk dan beberapa masalah pernafasan lainnya.

"Minum air setelah makan tidak disarankan karena bisa mencairkan cairan pencernaan yang bisa menaikkan tingkat keasaman atau gangguan pencernaan," ujar praktisi kesehatan asal India bernama Shilpa Arora.

Apa Benar Minum Air Putih Usai Makan Kacang Sebabkan Iritasi Tenggorokan?Foto: iStock

Beberapa teori lainnya mengatakan kalau air dinginlah yang harus dihindari setelah makan kacang. Sebenarnya tidak masalah kalau minum air bersuhu normal setelah makan kacang. Tapi hanya beberapa tegukan saja.

Teori lain bahkan mengatakan jika minum setelah makan kacang bisa sebabkan masalah lambung, terutama bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan ada anak-anak yang alergi kacang tanah. Alergi inilah yang menyebabkan sakit tenggorokan. Kalau anak Anda mengalaminya, sebaiknya jangan diberi air putih. Karena minum air malah memperburuk keadaan.

Walau beberapa teori di atas belum terbukti secara ilmiah, sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan minum putih air 10-15 menit setelah makan kacang.

Baca Juga: Konsumsi Kacang-kacangan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

(adr/adr)