Konsumsi Kacang-kacangan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 17 Okt 2017 15:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kacang disebut tinggi lemak dan bisa picu kenaikan berat badan. Tapi studi ini mengatakan bahwa jenis kacang tertentu justru bisa bantu turunkan berat badan.

Sebuah studi dari Loma Linda University Adventist Health Sciences Centre menunjukkan bahwa konsumsi rutin kacang-kacangan bisa membantu tubuh tetap langsing. Studi yang dilakukan selama lima tahun ini menemukan bahwa kacang dapat mengurangi kenaikan berat badan, menurunkan risiko obesitas dan diabetes.

Baca juga: Rutin Konsumsi Kacang Almond Bisa Sehatkan Jantung dan Awet Muda

Konsumsi Kacang-kacangan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Ada lebih dari 370.000 orang berusia 25 tahun yang diteliti. Mereka yang konsumsi kacang-kacangan memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Selama lima tahun, studi tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang konsumsi 2,1 Kg kacang-kacangan memiliki lima persen risiko lebih rendah untuk alami obesitas.

Kacang juga dapat membantu cegah penuaan dan tingkatkan fungsi memori pada orang lanjut usia. Joan Sabate, MD, DrPH selaku direktur Center for Nutrition, Lifestyle and Disease Prevention di LLUSPH mengatakan,"Bagi saya, hasil dari studi ini menegaskan bahwa kacang bukanlah makanan yang mengandung obesogenic," jelasnya.

Obesogenic merupakan faktor dari bahan kimia yang dapat mengganggu proses metabolime normal tubuh dan cenderung mengarah ke obesitas.

"Makan kacang diwaktu makan, bisa Anda letakkan dibagian tengah piring untuk menggantikan produk hewani. Teksturnya agak kenyal," jelas Sabate.

Konsumsi Kacang-kacangan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Studi lain yang dilakukan oleh Department of Preventive Medicine and Public Health dari University of Navarra menemukan bahwa mengonsumsi dua porsi atau lebih kacang dalam seminggu dapat mengurangi risiko kenaikan berat badan sebesar 31 persen. Selain itu, studi lain pada bulan April menemukan, "Konsumsi banyak kacang tidak meningkatkan berat badan, indeks massa tubuh atau lingkar pinggang."

Salah satu kacang yang bisa Anda pilih adalah kacang mete 155 Kkal, kacang Brasil 184 Kkal, kacang almond 161 Kkal, walnut 183 Kkal dan pistachio 156 Kkal.

Mengonsumsi protein jenis tertentu dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Dan ketika konsumsi protein whey yang ada dalam olahan susu juga bisa membantu turunkan berat badan dalam 12 minggu.

Baca juga: Penderita Obesitas Sebaiknya Konsumsi Protein Dulu Sebelum Karbohidrat (lus/odi)
Load Komentar ...