Sedang Flu? Ini 10 Makanan Enak yang Sebaiknya Sering Dikonsumsi

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 08 Feb 2018 13:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Musim hujan dan banjir bisa membuat tubuh terkena flu. Selain banyak istirahat, beberapa makanan ini juga bisa membantu redakan flu Anda. Apa saja ya?

Sebelum minum obat, Anda bisa terlebih dulu memilih bahan makanan yang bisa bantu redakan flu. Apalagi saat cuaca yang selalu hujan seperti ini, tubuhpun butuh asupan makanan yang bisa menangkan serangan flu.

Dikutip dalam Health (02/02), berikut ini beberapa bahan makana yang bisa tingkatkan sistem imunitas agar tubuh terhindar dari flu.

Baca juga: Saat Sedang Demam dan Flu Kok Ngga Selera Makan Ya? Ini Sebabnya!

1. Minuman elektrolit

"Tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting ketika Anda terkena flu, terutama jika disertai dengan demam dan berkeringat atau alami masalah penurunan nafsu makan," tutur Denver Jeesica Crandall, RDN, ahli gizi sekaligus juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics.

Memastikan bahwa minum air putih adalah solusi yang paling sederhana. Namun menambahkan minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa bisa jadi pilihan yang tepat untuk menambahkan asupan sodium dan pottasium serta cairan.

Minuman dengan aroma mungkin lebih menarik dari air biasa dan ini bisa membantu Anda mendorong lebih banyak minum lebih banyak. Ahli gizi sering menyarankan agar tidak menggunakan minuman berolahraga kemasan karena kurang cocok untuk Anda yang melakukan aktifitas rendah.

Sedang Flu? Ini 10 Makanan Enak yang Sebaiknya Sering DikonsumsiFoto: iStock

2. Teh hijau

Seharian hujan, paling enak memang menikmati secangkir teh hijau. Ini bisa jadi cara lain untuk membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. "Flu biasanya mengganggu penapasan bagian atas dan minum air hangat atau panas dapat membantu membuka saluran udara," tulis Rena Zelig, RDN, asisten profesor ilmu gizi di Rutgers University.

"Mungkin lebih baik minum daripada air dengan suhu kamar," tambahnya. Zelig merekomendasikan teh hijau, minuman ini mengandung tinggi antioksidan dibandingkan dengan teh hitam. Tambahkan sedikit madu untuk menenangkan tenggorokan dan redakan batuk.

3. Sup ayam

Sup ayam yang hangat memang selalu menjadi pilihan saat sedang flu. Kaldunya yang gurih dapat membantu menghidrasi dan mengganti sodium yang hilang, sementara sayuran mengandung vitamin dan mineral dan ayam tinggi akan protein. Beberapa ilmuwan juga menyarankan bahwa sifat aromatik sup ayam dapat mengurangi lendir dan saluran hidung. Penelitian juga menemukan bahwa sup ayam dapat membantu sel darah putih untuk melawan infeksi bekerja lebih efisien.

4. Kacang atau kacang polong

Selain ayam, kacang juga bisa jadi pilihan pasokan protein. Protein nabati seperti kacang polong dan kacang-kacangan lainnya bisa membantu tingkatkan sistem imun. Kacang juga dapat dicampurkan ke dalam sup untuk mendpatkan nutrisi ekstra.

Sedang Flu? Ini 10 Makanan Enak yang Sebaiknya Sering DikonsumsiFoto: iStock

5. Buah dan sayuran berwarna cerah

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk melindungi diri dari penyakit kronis. Tapi saat Anda sakit dan sistem kekebalan tubuh terganggu, buah dan sayur bisa jadi pilihan. "Antioksidan memiliki peran dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," jelas Zelig.

Crandall merekomendasikan untuk memilih produk dengan warna yang berani seperti paprika, jeruk dan buah beri untuk memastikan kandungan antioksidan yang tinggi.

6. Jus jeruk

Anda juga bisa minum jus jeruk yang menjadi sumber vitamin C yang baik. Beberapa penelitian juga menyarankan bahwa vitamin C dapat mengurangi durasi flu. Namun, jika Anda konsumsi vitamin C terlalu banyak juga tak baik bagi tubuh. "Ketika tubuh menyerap begitu banyak vitamin C sekaligus dan jika konsumsi terlalu banyak maka akan menyebabkan masalah gastrointestinal," kata Crandall.

Daripada minum jus jeruk dalam jumlah besar. Crandall menyarankan untuk 120 jus jeruk murni dengan 400 sampau 590 ml air. Anda tetap bisa terhidrasi dan mendapatkan 100 persen vitamin C.

7. Daging sapi

Selain vitamin C, zinc juga menjadi senyawa yang dibutuhkan. Studi menunjukkan bhawa mineral dapat membantu melawan infeksi dengan mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi flu. Zinc bisa didapatkan dari makanan.

85 gram daging sapi mengandung sekitar 7 mg zinc, ini mengandung setengah dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Daging sapi juga mengandung protein dan vitamin B yang dapat membantu pemulihan tubuh dari flu. Zinc juga bisa ditemukan pada tiram dan udang.

8. Makanan BRAT

"Terkadang saat orang terkena flu, mereka merasakan mual," kata Zelig. Jika terjadi hal itu, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna seperti makanan "BRAT" atau "Banana, Rice, Appel Sauce dan Toast". Anda bisa memilih buah pisang, nasi, saus apel dan roti panggang.

Sedang Flu? Ini 10 Makanan Enak yang Sebaiknya Sering DikonsumsiFoto: iStock

9. Jahe

Makanan atau minuman yang dibuat dengan jahe bisa meringankan masalah perut terkait dengan flu. Penelitian menunjukkan jahe mengandung anti inflamasi dan efektif melawan mual, walaupun kebanyakan penelitian melibatkan untuk seseorang yang hamil bukan flu.

Jahe yang ditambahkan dalam teh atau sup bisa membantu redakan sakit tenggorokan dan perut mual.

10. Biji-bijian yang difortifikasi

Saat flu, Anda bisa mendapatkan tambahan energi dan vitamin B12 dari makanan alami. Seperti telur, daging, kerang dan susu. Selain itu, biji-bijian yang difortifikasi seperti roti dan sereal saat sarapan juga bisa jadi pilihan.

Baca juga: Cegah Flu dan Pilek dengan Ikuti 10 Pola Makan Ini (1) (lus/odi)
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa