Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Dapat Asupan Asam Folat dari 11 Makanan Ini (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 02 Feb 2018 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Folat dikenal sebagai vitamin B9. Sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Selain dalam bentuk tablet, dapat diasup dari makanan.

Folat merupakan vitamin larut dalam air yang merupakan kelompok dari vitamin B kompleks. Asam folat atau vitamin B9 ini sangat membantu tubuh untuk membuat sel baru, terutama berperan dalam menyalin dan mensintesis DNA.

Folat juga dapat membantu tubuh untuk memanfaatkan vitamin B12 dan asam amino. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan seseorang alami anemia, menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan gangguan sistem pencernaan.

Dikutip dalam Boldsky (01/02) berikut ini beberapa makanan alami yang mengandung asam folat. Semuanya sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Baca juga: Sedang Hamil? Jangan Lupa Konsumsi 5 Bahan Makanan Sehat Ini

1. Sayuran hijau
Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Dapat Asupan Asam Folat dari 11 Makanan Ini (1)Foto: ilustrasi/thinkstock
Sayuran hijau seperti bayam, selada hingga sawi mengandung asam folat yang cukup tinggi. Anda bisa mengolahnya menjadi tumisan atau sayur bening untuk menambah asupan asam folat harian Anda.

2. Asparagus
Asparagus menjadi salah satu makanan padat nutrisi dengan vitamin B9. Konsumsi secangkir asparagus rebus dapat memberikan sekitar 33 persen folat harian yang direkomendasikan. Selain folat, vitamin K, vitamin C dan vitamin A dan mangan juga ada dalam asparagus.

3. Brokoli
Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Dapat Asupan Asam Folat dari 11 Makanan Ini (1)Foto: Thinkstock
Brokoli menjadi salah satu sayuran hijau yang dikenal kaya akan antioksidan dan sumber folat. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 14 persen vitamin folat harian Anda. Anda dapat menikmati brokoli dengan cara direbus atau dikukus agar tubuh lebih sehat.

4. Buah jeruk

Ibu Hamil dan Menyusui Bisa Dapat Asupan Asam Folat dari 11 Makanan Ini (1)Foto: Thinkstock

Buah jeruk tidak hanya mengandung vitamin C, tapi juga folat. Jeruk adalah sumber vitamin B9 yang baik. Satu buah jeruk mengandung sekitar 50 mcg folat. Buah lain yang mengandung asam folat juga terdapat pada pepaya, anggur, pisang dan juga strawberry.

5. Kacang polong
Kacang polong dan lentil tinggi asam folat. Semangkuk kecil kacang polong akan menyediakan kebutuhan folat harian yang besar. Kacang hitam, kacang merah dan kacang hijau bisa dimasukkan ke dalam makanan harian Anda.

Baca juga : Agar Berat Badan Tak Naik Drastis, Ibu Hamil Sebaiknya Tak Ngidam Makanan Berlebihan (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed