Hiii... Karena Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Jadi Rusak Parah!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Jan 2018 12:40 WIB
Foto: Istimewa
Ashbourne - Minum soda bisa sebabkan banyak masalah kesehatan. Seorang pria Inggris alami kerusakan gigi parah karena kecanduan minum soda.

Umur Michael Sheridan masih muda, tapi ia nampak seperti kakek-kakek karena giginya ompong dan berlubang. Hal ini ternyata dipicu kecanduan parah dirinya akan minuman soda.

Dikutip dari Oddity Central (24/1), Sheridan bisa minum 6 liter soda tiap hari. Karena kecanduan parah, ia bisa alami sakit kepala dan gemetaran kalau tak menenggak minuman soda sekitar setengah jam setelah bangun tidur.

Giginya pun mulai membusuk. Tak jarang ia bangun tengah malam hanya karena giginya sakit. Sheridan juga tak bisa tersenyum lebar di depan orang-orang karena malu dengan kondisi giginya.

Hiii... Karena Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Jadi Rusak Parah!Foto: Istimewa

Baca Juga: Kini Penjualan Air Kemasan di Amerika Kalahkan Minuman Bersoda

"Omongan saya teredam karena saya hampir tidak membuka mulut saat bicara. Saat foto di pagi Natal, semua orang kelihatan senang, kecuali saya karena saya tidak akan tersenyum saat difoto walau saya bahagia," tutur pria asal Ashbourne ini.

Mengenai kecanduannya akan soda, Sheridan awalnya tak sadar. "Kira-kira saya memerlukan waktu beberapa tahun sebelum sadar kalau saya kecanduan minum soda. Hampir tiap pagi saya langsung ke kulkas dan menenggak minuman soda," cerita Sheridan.

Menurutnya kecanduan ini bukanlah hal umum. "Kalau Anda lihat seorang alcoholic, Anda tahu mereka mabuk, tapi ketika seseorang bawa botol minuman soda di jalan, Anda tidak berpikir itu kecanduan besar. Itu dianggap normal," lanjut Sheridan.

Hiii... Karena Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Jadi Rusak Parah!Foto: Thinkstock

Hidupnya berubah lebih baik saat Sheridan bertemu dokter gigi Dr. David Murnaghan. Sang dokter menyadari masalah Sheridan saat ia kesakitan menggigit sandwich.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Minum Soda Memicu Kenaikan Berat Badan

Dr. Murnaghan berujar, "Saya tahu masalah giginya bisa sebabkan masalah kesehatan serius. Ia tidak bisa mengunyah makanan dengan baik, tidak bisa menggigit sandwich seperti banyak orang dan dia kesakitan tiap hari."

Hiii... Karena Kecanduan Minum Soda, Gigi Pria Ini Jadi Rusak Parah!Foto: Istimewa

Namun butuh 1 tahun bagi Sheridan menumbukan kepercayaan diri menemui Dr. Murnaghan untuk konsultasi. Pada pertengahan Januari 2018 akhirnya Sheridan mengunjungi Boyne Dental & Implant Clinic untuk mencabut 27 gigi rusaknya. Ia lalu dipasangkan gigi palsu yang bisa dilepas.

April nanti, Sheridan harus kembali ke klinik untuk jalani implan 12 gigi ke ulang rahangnya. Kepercayaan dirinya akan segera pulih karena ia segera bisa tersenyum lebar dengan tenang.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com