Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Jan 2018 13:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gigi sensitif sering alami ngilu atau sakit setelah konsumsi makanan panas, dingin atau asam. Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan cara ini.

Erosi pada enamel gigi dapat menyebabkan kerusakan dentin Anda. Sehingga ketika konsumsi makanan panas atau dingin dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi. Menurut Journal of American Dental Association, satu dari delapan orang dewasa menderita gigi sensitif.

Gigi yang sensitif dapat menimbulkan rasa sakit. Jika hal ini terjadi, Anda bisa meredakannya dengan 5 cara yang dikutip dalam NDTV (02/01)

Baca juga: Mau Punya Gigi Putih dan Kuat? Bantu dengan Konsumsi 8 Makanan Ini (2)

1. Air garam
Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Istimewa
Air garam menjadi salah satu solusi umum untuk redakan sensitivitas atau masalah gigi. Ini dikarenakan, air garam dapat membantu menjaga keseimbangan pH mulut untuk menciptakan lingkungan yang lebih basa sehingga bakteri tidak dapat bertahan lama.

Air garam juga disebut dengan antiseptik alami. Untuk membuat air garam, Anda dapat menyiapkan dua sendok teh garam yang dicampurkan ke air hangat dan aduk. Kumur dengan larutan ini dua kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.

2. Daun jambu
Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Istimewa
Daun jambu biji memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak termasuk menyembuhkan sakit gigi. Daun jambu mengandung flavonoid seperti quercentin, kaempferol dan memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu ringankan sensitivitas pada gigi dan sakit gigi. Jika Anda mengalami sakit pada gigi, cobalah mengunyah beberapa daun selama 2-3 menit dan keluarkan kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam dan air kumurnya.

3. Bawang putih
Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Istimewa
Walaupun dapat menimbulkan bau nafas, akan tetapi bawang putih punya manfaat banyak untuk kesehatan. Dikenal sebagai angen anti bakteri dan anestesi alami, bawang putih dapat menghilangkan rasa sakit akibat sensitivitas gigi dan masalah lainnya. Agar rasa sakit yang timbul reda, buatlah pasta bawang putih dua sampai tiga siung bawang putih kemudian ditambah dengan dua sampai tiga tetes air dan setengah sendok teh garam.

Oleskan pasta tersebut ke gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air garam hangat.

4. Minyak cengkeh
Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Istimewa
Minyak cengkeh mengandung anti bakteri yang dapat mencegah bakteri masuk ke dalam gigi dan membuat gusi tetap sehat. Cengkeh telah lama digunakan sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi oral. Untuk menggunakannya Anda bisa menggabungkan satu tetes minyak cengkeh ke dalam minyak kelapa dan oleskan pada gigi yang sakit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Bawang merah
Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin? Atasi dengan 5 Cara Ini!Foto: Istimewa
Bawang merah memiliki flavonoid seperti quercetin yang dikenal memiliki khasiat anti inflamasi yang bisa menenangkan rasa sakit. Sifat anti bakter dan anti mikrobanya dapat membunuh bakteri berbahaya di mulut yang dapat menyebabkan infeksi. Potonglah bawang merah sesuai ukuran mulut Anda dan tempatkan pada daerah yang sakit dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bersihkan mulut Anda dengan air faram untuk mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering Dikonsumsi

(dvs/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed