Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering Dikonsumsi

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 06 Des 2017 16:10 WIB
Foto: Ilustrasi/thinkstock Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Gigi dan gusi sehat bisa dijaga dengan asupan makanan dan minuman. Teh hijau dan apel bisa membuat gusi sehat dan gigi kuat.

Selain menggosok gigi dan menggunakan dental floss untuk mengangkat sisa makanan di sela gigi. Ada bahan alami yang dapat menyehatkan gigi juga membuatnya nampak putih berkilau. Seperti 6 bahan makanan alami ini.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat catechins yang bisa melawan peradangan dan infeksi bakteri. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan orang yang rutin mengonsumsi teh hijau punya risiko rendah terserang periodontitis. Penelitian lain di Jepang menyatakan jika pria atau wanita minum teh hijau satu sampai dua cangkir sehari bisa mengurangi resiko kehilangan gigi.

Zat catechins yang terkandung dalam teh hijau masih perlu dikaji lebih lanjut. Tapi dengan adanya dua penelitian tadi, dapat disimpulkan bahwa teh hijau bisa menyehatkan dan memperkuat gigi Anda.

2. Buah Strawberry dan Kiwi
Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering DikonsumsiFoto: iStock

Kedua buah ini kaya akan vitamin C. Vitamin C mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut karena dapat mencegah rusaknya kolagen. Tanpa kolagen, gigi akan menjadi rapuh dan bisa terserang periodontitis. Buah ini memberi manfaat ganda karena astringen yang dimiliki mampu melawan plak atau noda kuning pada gigi yang disebabkan kopi dan wine.


3. Bawang


Bawang yang dimakan mentah dapat melawan bakteri berkat senyawa antimikroba. Anda bisa mencampur bawang putih mentah pada sandwich atau salad. Jika Anda kurang menyukai bawang putih mentah baiknya Anda makan bawnag putih yang sudah dimasak dari pada tidak mengonsumsinya sama sekali.

4. Jamur Shitake

Jamur jenis ini mengandung lentinan. Zat ini adalah gula alami yang dapat mencegah Anda terkena radang gusi. Peradangan gusi ditandai dengan pembengkakan pada gusi yang berwarna merah. Peradangan akan semakin parah bila terjadi pendarahan. Hal ini disebabkan oleh pembentukan bakteri biofilm. Studi terbaru menunjukkan bahwa senyawa antibakteri seperti lentinan secara khusus melawan mikroba pembuatan biofilm tersebut. Letinan hanya membunuh bakteri jahat dan tidak mengganggu bakteri baik yang ada pada tenggorokan Anda.

5. Kacang dan Biji-bijian
Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini 6 Makanan Alami yang Perlu Sering DikonsumsiFoto: iStock

Kedua bahan ini adalah sumber protein. Mereka bisa menjaga kesehatan gigi karena dengan mensuplai fosfor, magnesium, potasium, seng serta kalsium pada tubuh. Kalsium dapat menguatkan tulang dan gigi. Diet kalsium sebenarnya bisa meremineralisasi gigi. Kacang paling tinggi kalsium adalah kacang almond dan kacang Brazil. Biji wijen juga sangat tinggi kalsium.

6. Apel, Seledri, Sayuran Rendah Asam & Kaya Serat Lain

Sayuran dan buah ini kaya akan air yang dapat meningkatkan produksi air liur. Hal inilah yang akan menjaga bakteri baik di mulut. Makanan berserat tinggi memiliki efek 'menggosok' atau membersihkan permukaan gigi saat Anda mengunyah makanan. Selain itu, mengunyah makanan bisa menyingkirkan plak yang baru terbentuk di gigi.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Berwarna Kuning (dwa/odi)