Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Berwarna Kuning

ADVERTISEMENT

Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Berwarna Kuning

Esther Suhana Abdurahim - detikFood
Rabu, 08 Nov 2017 14:30 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Selain menjaga kebersihan gigi, memilih makanan juga bisa membuat gigi lebih sehat. Untuk menjaga warna putih alami gigi, sebaiknya hindari 5 makanan ini.

Dengan gigi putih, tentu Anda akan lebih percaya diri. Jika salah memilih makanan, bisa jadi penumpukan noda akan menjadi plak di gigi Anda. Dikutip dalam Boldsky (06/11), ini makanan dan minuman yang harus dihindari agar gigi tetap putih dan bersih.

Baca juga: Ini Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Gigi Kuning

1. Kopi

Lapisan gigi terluar memiliki pori, sehingga makanan cair bisa sangat mudah meninggalkan noda. Minuman yang mengandung tanin sejenis poliphenols dapat menyebabkan perubahan warna. Pigmen dari minuman yang berwarna gelap seperti teh, kopi, atau soda memungkinkan menempel di celah-celah enamel gigi Anda dan jika dikonsumsi terus-menerus maka akan meninggalkan noda kuning jika Anda tidak membersihkannya dengan benar.

Kopi bisa membuat gigi berwarna lebih kuning.Kopi bisa membuat gigi berwarna lebih kuning. Foto: iStock

2. Buah jeruk yang asam

Buah jeruk yang memiliki rasa asam ternyata memungkinkan untuk meinggalkan noda di gigi. Buah jeruk, jeruk nipis, dan tomat sangat baik untuk kesehatan, namun buah-buahan ini cenderung bisa mengikis enamel halus dan memberikan sedikit warna kuning yang sering ditemukan pada bagian belakang bawah gigi.

3. Berri

Blueberry, blackberry, dan buah-buahan seperti pomegranate tinggi akan antioksidan tetapi bisa berpotensi meninggalkan noda pada gigi. Karena jenis buah-buahan ini mengandung pigmen ini dapat dengan mudah menodai pakaian Anda sehingga kemungkinan besar bisa juga tinggalkan noda pada gigi.

Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Bikin Gigi Berwarna KuningTerlalu sering minum wine bisa membuat gigi berwarna lebih kuning dan nantinya timbulkan plag pada gigi. Foto: iStock

4. Wine
Konsumsi wine dan white wine dengan frekuensi sering dapat membuat gigi putih Anda terlihat kusam. Minum wine tidak hanya bisa menyebabkan rongga di gigi karena mengandung tinggu gula.Wine juga bisa meninggalkan noda kecoklatan pada gigi. Selain itu, white wine diketahui dapat membuat noda gigi gelap karena asam alami yang dimilikinya.

5. Cuka dan saus fermentasi
Cuka dan saus fermentasi dapat menyebabkan gigi berubah warna. Cuka balsamik sangat cocok disajikan untuk salad dan saus kedelai sering kali dipadukan dengan semangkuk sup. Tapi, kedua jenis bumbu ini bisa membuat perubahan warna gigi. Jika tak segera dibersihkan dengan sikat gigi, bekas warna dari bahan ini akan menumpuk sehingga membentuk perubahan warna dan plag gigi.

Baca juga: Jauhi Kandungan Makanan Ini Agar Gigi dan Mulut Lebih Sehat (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT