Minuman Bersoda Bisa Bikin Gendut? Ini Jawaban dari Ahlinya

Devi Setya - detikFood Rabu, 03 Jan 2018 17:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menurunkan berat badan jadi resolusi terpopuler di awal tahun. Dr. Michael Mosley mengungkap bagaimana minuman bersoda bisa picu kenaikan berat badan.

Dilansir dari Daily Mail (2/1) banyaknya orang yang berencana menurunkan berat badan membuat mereka mengurangi makanan manis dan tinggi kalori. Termasuk minuman bersoda. Pasalnya minuman karbonasi ini tidak hanya mengancam ukuran lingkar pinggang tapi juga kesehatan gigi Anda. Ingat, sekaleng coca-cola mengandung tujuh sendok teh gula.

Baca juga : Apakah Benar Minuman Bersoda Bikin Gendut?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Birzeit menunjukkan jika menambahkan karbon pada air manis membuat tikus lebih gemuk dan mudah lapar.

Sementara dalam serial BBC2 edisi Trust Me, mereka meminta bantuan Dr. James Brown dari Aston University di Birmingham yang tertarik pada obesitas dan diabetes.
Minuman Bersoda Bisa Bikin Gendut? Ini Jawaban dari AhlinyaFoto: iStock/Metro

Untuk menjalani penelitian ini mereka merekrut sekelompok sukarelawan bertubuh sehat. Mereka tidak memberitahu penelitian seperti apakah yang akan diterapkan. Tapi kali memberitahu penelitian ini berkaitan dengan dampak minuman bersoda pada selera makan orang.

Semua relawan diharuskan berpuasa selama 10 jam kemudian diberi sandwich keju dengan takaran kalori tertentu. Satu jam kemudian, semua relawan diberi satu dari empat minuman yang disajikan secara acak. Minuman ini adalah segelas minuman soda manis, segelas minuman soda tawar, air soda dan air tawar.

Selang 10 menit setelah minum, James mengambil sampel darah untuk mengukur kadar ghrelin mereka. Ghrelin adalah hormon lapar yang diproduksi di perut kemudian disampaikan ke otak sehingga menjadi sugesti "saya lapar dan harus makan"

Mereka mengulangi percobaan ini sebanyak tiga kali dalam beberapa minggu dan setiap usai makan dan minum minuman bersoda, relawan selalu menunjukkan indikasi lapar.
Minuman Bersoda Bisa Bikin Gendut? Ini Jawaban dari AhlinyaFoto: Rocketnews/ Getty Images

Baca juga : Apa Benar Konsumsi Minuman Bersoda Bisa Pengaruhi Ereksi?

"Apa yang kami temukan benar-benar mengejutkan. Bila Anda minum soda maka tingkat ghrelin Anda sekitar 50 persen lebih tinggi daripada saat Anda minum tanpa soda," kata James di akhir penelitian.

Dengan kata lain, minum minuman bersoda dan manis membuat orang lebih lapar satu jam kemudian daripada meminum minuman yang tawar.

Hal ini bisa dijelaskan secara teknis. Minuman bersoda memiliki gelembung karbon dioksida yang memenuhi perut dan membuat rongga perut melebar dan menjadi kembung. Kondisi ini membuat perut seolah minta diisi lebih penuh.

"Dari hasil tes ini, kami menyarankan Anda untuk makan dengan minum air tawar. Hindari minuman bersoda dan minuman manis saat makan," pungkas James. (dvs/odi)