Apa Benar Konsumsi Minuman Bersoda Bisa Pengaruhi Ereksi?

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Jul 2016 14:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minuman bersoda mengandung gula yang tinggi, sehingga tak disarankan untuk dikonsumsi pria. Kini peneltian menunjukkan bahwa minuman ini tak berpengaruh pada ereksi pria.

Setelah sebelumnya, para ilmuwan mengungkapkan bahwa minum satu liter soda per hari bisa mengurangi jumlah sperma sebesar 30 persen dan dapat sebabkan disfungsi ereksi.

Dalam Mirror (07/07), konsumsi terlalu banyak cola serta minuman soda lainnya juga ditemukan memiliki hubungan dengan pria yang alami disfungsi ereksi. Hal ini ditemukan oleh para ilmuwan di Nicolaus Coprpernicus University dan Professor Franciszek Lukaszczyk Memorial Hospital di Bydgoszcz di Polandia.

Dilansir oleh Delish (07/07), penelitian yang dilakukan oleh Copenhagen University Hospital menemukan bahwa pria yang kecanduan minuman bersoda memiliki peranan yang lebih efektif saat bercinta daripada mereka yang menghindari minuman ini.

Penelitian ini mengamati sebanyak 2554 pria dan menemukan pecandu minuman bersoda dengan jumlah sperma rata-rata 35 juta per ml dibandingkan dengan mereka yang kurang mengonsumsi minuman bersoda memiliki sperma rata-rata sebesar 56 juta per ml.

Jumlah sperma 35 juta masih berada dalam kisaran normal. Sehingga dalam studi ini menemukan tidak ada hubungan antara tingkat kafein dalam minuman bersoda atau cola. Kemungkinan bisa dari bahan lain.

Para ilmuwan mencatat bahwa untuk mendapatkan ereksi yang baik perlu mengandalkan banyak faktor, baik fisik maupun psikologis.

Walaupun banyak yang mengklaim bahwa minuman bersoda dapat merusak arteri di penis sehingga peredaran aliran darah kurang lancar. Tetapi para ilmuwan menyimpulkan bahwa minum coke atau minuman bersoda baik sekarang ataupun kemudian hari tidak akan menyebabkan efek samping yang mengkhawatirkan.

Para ilmuwan menyebutkan minuman bersoda baik saja dikonsumsi pria. Tetapi sebaiknya kurangi asupannya kurang dari satu liter per hari. (lus/odi)