Menu Natal dan Tahun Baru

Agar Tubuh Tetap Ramping Usai Natal, Sebaiknya Ikuti 5 Tips Sehat Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 25 Des 2017 11:40 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Di hari Natal, tentu ada banyak makanan manis dan juga tinggi kalori. Agar tubuh tak melar, Anda perlu menjaga asupan makanan. 5 tips sehat ini bisa Anda ikuti.

Sedang menjalani program diet? Banyak orang yang gagal karena tergoda dengan makanan enak. Terlebih lagi di saat kumpul keluarga dan melihat banyak makanan enak. Ini bisa membuat berat badan naik lagi.

Menjaga pola makan sehat, bukan berarti Anda harus menahan lapar sepanjang hari. Memilih kombinasi makanan sehat dan mengatur porsi jadi salah satu cara terbaik. Dikutip dalam Times Now News (24/12) ini ada beberapa tips yang bisa membantu tubuh tetap langsing walau menyantap makanan enak.

Baca juga: Kalau Ingin Cepat Turunkan Berat Badan, Rutinlah Konsumsi 8 Makanan Ini (2)

1. Olahraga
Agar Tubuh Tetap Ramping Usai Natal, Sebaiknya Ikuti 5 Tips Sehat Ini!Foto: Instagram
Berolahraga di pagi hari tentu wajib Anda lakukan untuk menjaga berat badan tetap optimal. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Medicine and Science in Sports and Exercise, memulai hari dengan berolahraga bisa memastikan perilaku pola makan yang lebih baik sepanjang hari. Dengan olahraga di pagi hari metabolisme akan mulai mengalir sehingga membuat tubuh Anda membakar kalori lebih cepat sepanjang hari sehingga menahan kenaikan berat badan secara signifikan.

2. Bahan pengganti
Gula pasir yang terkandung dalam makanan manis dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama terkait berat badan. Cobalah ganti dengan madu yang meurpakan alternatif gula yang lebih sehat. Selain itu, buah-buahan manis yang tinggi serat juga dapat membantu perut lebih cepat kenyang dan tak tergoda makanan manis.

3. Pilih lemak sehat
Agar Tubuh Tetap Ramping Usai Natal, Sebaiknya Ikuti 5 Tips Sehat Ini!Foto: iStock
Ganti minyak kelapa dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak jagung dan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang jauh lebih sehat dari minyak goreng biasa. Mereka mengandung antioksidan tinggi yang dapat tingkatkan metabolisme dan menjaga berat badan tetap terkontrol.

Akan tetapi untuk teknik menggoreng secara banyak, tentu tak mungkin menggunakan minyak ini. Sebaiknya pilih beberapa makanan yang rendah lemak, seperti ayam yang dibakar atau dimasak dengan cara rebus.

4. Hindari minuman tinggi kalori
Liburan dan juga hari raya sering kali identik dengan penyajian minuman manis yang tinggi kalori. Bir, champagnye, soda dan minuman berkarbonasi lainnya diketahui dapat meningkatkan berat badan. Sebagai gantinya, Anda bisa menyajikan atau memilih minum air putih, infused water atau jus buah asli tanpa campuran gula tambahan.

5. Pilihlah piring berukuran kecil
Agar Tubuh Tetap Ramping Usai Natal, Sebaiknya Ikuti 5 Tips Sehat Ini!Foto: thinkstock

Menyantap makanan dalam piring besar cenderung membuat Anda konsumsi makanan lebih banyak. Selain membatasi porsi, cobalah makan lebih banyak protein dan makanan yang mengandung serat seperti sayuran. Hal ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsilah banyak sayuran seperti wortel, kembang kol, brokoli dan kacang hijau yang mengandung vitamin, mineral serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Makan Apapun Bisa Turun Berat Badan, Begini Caranya https://food.detik.com/info-sehat/d-3510581/makan-apapun-bisa-turun-berat-badan-begini-caranya


(dvs/odi)