Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Des 2017 18:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tampil memesona di hari pernikahan jadi dambaan setiap orang. Agar tak bertambah berat badan dan kulit tampak sehat, sebaiknya perhatikan konsumsi makanan ini.

Calon pengantin, kerap kali melakukan diet ekstrim untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Namun, tentu hal ini dapat membuat rencana pernikahan jadi berantakan. Lebih baik atur pola makan dan konsumsi makanan sehat seperti ini.

Baca juga: Berat Badan Naik Pasca Melahirkan? Ikuti Aturan Makan Ini Agar Cepat Langsing

6. Cukup air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain mendehidrasi tubuh, air putih juga dapat mendetoks racun-racun yang ada di dalam tubuh yang keluar melalui urin atau keringat. Selain itu, air putih juga dipercaya dapat membantu turunkan berat badan. Penelitian dari University of Brimingham pada tahun 2015 mengatakan bahwa salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan minum setengah liter air setengah jam sebelum makan.

Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (2)Foto: iStock

7. Makanan tinggi antioksidan

Para calon pengantin dianjurkan untuk konsumsi makanan yang tinggi akan antioksidan. Bahan makanan yang tinggi antioksidan adalah seperti blueberrt, strawberry, brokoli dan bayam. Makanan ini mengandung antioksidan dan juga tinggi akan serat yang dapat meningkatkan sistem pencernaan dan juga mencegah tubuh alami pembengkakan serta membuat suasana hati lebih baik.

8. Hindari junk food

Siapa yang akan menolak junk food? Makanan ini mengandung tinggi natrium dan gula. Saat dilanda stres, banyak orang yang mencari junk food sebagai pelampiasan. Akan tetapi makanan dan minuman yang terlalu manis dapat menjadi 'bumerang' karena dapat meningkatkan kadar gula darah bagi tubuh dan dapat membuat pengantin semakin stres karena makanan manis membuat suasana hati dan fungsi otak tak stabil.

Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (2)Foto: detikFood

9. Kurangi gorengan

Untuk membuat wajah semakin segar, sebaiknya hindari gorengan. Minyak pada gorengan akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang akhirnya merangsang jerawat. Untuk itu, agar kulit wajah tak kusam sebaiknya hindari makanan yang digoreng. Lebih baik pilih makanan yang dimasak dengan cara direbus atau di panggang.

10. Olahraga

Berolahraga rutin dengan santai bisa membantu hilangkan stres dan juga membuat tubuh lebih bugar. Sesekali Anda juga dapat berenang dan juga jogging di pagi hari.

Baca juga: Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan Malam (lus/lus)