Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan Malam

Devi Setya - detikFood Kamis, 21 Des 2017 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jalani program diet bukan berarti harus tersiksa menahan lapar saat malam. Ikuti saran pakar nutrisi agar tetap bisa makan malam saat diet.

Kepada Women's Health, pakar nutrisi Brigitte Zeitlin, R.D., mengatakan banyak pasiennya mengeluh tidak bisa menyantap makan malam karena takut berat badannya melonjak. Padahal menurutnya, asal mengatur makan dengan benar, pelaku diet tidak harus menghilangkan waktu makan malam dari hidupnya.

Dengan menerapkan berbagai langkah sederhana, pelaku diet bisa terus makan malam. Jika pola makan malam seperti ini terus dilakukan maka akan jadi kebiasaan sehat hidup Anda.

1. Jangan makan terlalu malam
Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan MalamFoto: Istimewa
Menahan lapar di malam hari adalah hal yang salah, pasalnya semakin malam perut akan merasa semakin keroncongan. Menurut Zeitlin, makan malam yang baik adalah 2 jam sebelum tidur. Jangka waktu ini adalah waktu ideal untuk mencerna makanan. Cara ini juga mempengaruhi kualitas waktu tidur Anda.

2. Rencanakan apa yang akan dimakan
Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan MalamFoto: Istimewa
Merencanakan hidangan yang akan dimakan adalah cara yang terdengr konyol sekaligus paling benar. Menurut Keri Gans, penulis The Small Change Diet, merencanakan makanan berarti meminimalisir godaan pada makanan lain yang kurang sehat.

Jika tidak sempat merencanakan dan menyiapkan makanan ini, Anda bisa menyantap makanan apapun yang ada namun harus tetap membaca tabel kalori. Jangan sampai ini merusak program diet Anda yang sudah tersusun rapi.

Baca juga : Pola Diet dengan Puasa Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

3. Takar sesuai porsi
Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan MalamFoto: Istimewa
Anda tidak perlu menimbang dan mengukur porsi dengan timbangan. Cukup dikira-kira saja. Gans menyarankan, porsi ideal untuk makan malam yakni setengah dari piring Anda harus terisi sayuran, seperempat piring dengan daging tanpa lemak dan sisanya Anda bisa menyantap sumber karbohidrat.

4. Kurangi konsumsi alkohol
Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan MalamFoto: iStock/Oddity Central
"Anda masih bisa menikmati minuman alkohol saat tengah dalam program diet tetapi kurangi minum koktail manis," kata Zeitlin. Cobalah minum alkohol tidak lebih dari tiga malam dalam seminggu. Pilihan yang direkomendasikan, cobalah menikmati wine, vodka atau tequila. Kurangi konsumsi bir.

Baca juga : Pola Diet Bikini Blitz, Makan Apa Saja 5 Hari Berat Turun 2 Kg

5. Minum air sebelum makan
Sedang Diet? Ikuti 5 Saran dari Pakar Nutrisi Untuk Siasati Makan MalamFoto: Istimewa
Sebuah penelitian tahun 2015 dari Universitas Oxford mengatakan minum air 30 menit sebelum makan membantu penyerapan kalori yang lebih sedikit. Jika cara ini dilakukan terus menerus maka dalam 12 minggu, berat badan akan berkurang drastis. (dvs/odi)