Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Des 2017 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menikah menjadi momen terindah bagi setiap pasangan. Tak jarang pula, banyak pasangan terutama calon pengantin wanita yang menjalani diet ketat.

Diet dengan makanan sehat jadi salah satu cara untuk membuat tubuh tampak ideal saat hari pernikahan. Namun, menjelang hari pernikahan justru banyak pasangan yang stres karena persiapan sehingga tanpa disadari konsumsi makanan berlebih. Menurut dr. Brooke Kalanic, ahli pengobatan alami mengatakan bahwa stres dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi sebelum hari pernikahan.

Baca juga: Kalau Ingin Punya Tubuh Langsing, Sebaiknya Sarapanlah Setiap Pagi

1. Konsumsi buah dan sayur

Stres ditandai dengan pengingkatan hormon kortisol dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi buah dan sayur yang tinggi vitamin C yang dapat menurunkan kadar kortisol tubuh. Buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi adalah jeruk, apel, kiwi, pepaya dan juga nanas. Selain itu, beberapa jenis buah juga mengandung vitamin C seperti paprika, brokoli dan kembang kol. Anda bisa menikmati sayuran dan buah dalam sajian salad.

Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (1)Foto: iStock

2. Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi kecil tapi sering bisa meningkatkan potensi pembakaran lemak tubuh dan tingkatkan metabolisme. Konsumsi makanan porsi kecil setiap 2-3 jam. Metabolisme yang tinggi berarti dapat membakar lebih banyak kalori. Tidak sembarang makanan, Anda pun disarankan untuk memilih makanan yang rendah kalori dan tapi juga tinggi nutrisi.

3. Konsumsi teh hijau

Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk konsumsi teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa L-theanine yang dapat memberikan efek rileksasi dan juga tingkatkan konsentrasi dan juga cegah stress. Kandungan polifenol dalam teh hijau juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol total dan LDL.

Jelang Pernikahan, Ini 10 Tips Diet untuk Para Calon Pengantin (1)Foto: Istimewa

4. Hindari makanan manis

Saat tubuh sedang stres, kebanyakan orang akan memilih makanan manis. Hal ini dikarenakan makanan manis dapat meningkatkan produksi hormon serotonin. Namun, terlalu banyak konsumsi makanan manis seperti cake dan juga es krim dapat membuat berat badan naik secara drastis. Dan ini dapat mempengaruhi ukuran gaun atau pakaian yang nantinya akan dikenakan saat pernikahan.

5. Pilihlah ikan

Selain buah dan sayuran, tubuh juga membutuhkan protein untuk membangun otot di dalam tubuh. Ikan seperti salmon mengandung omega 3 yang sangat baik bagi tubuh dan cegah rasa cemas hingga mencegah pembengkakan tubuh akibat stres.

Untuk sarapan, pilihlah ikan yang dipanggang dengan sedikit minyak, sayuran hingga paduan kentang atau oatmeal.

Baca juga: Jika Ingin Cepat Langsing, Ikuti 6 Aturan Makan Ini (lus/lus)