Madu, Cuka Apel hingga Yogurt Bisa Bantu Atasi Masalah Jerawat

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 19 Des 2017 13:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Munculnya jerawat pada wajah bisa membuat Anda stres dan bahkan tak percaya diri. 4 bahan makanan ini bisa bantu Anda untuk atasi masalah cerawat. Apa saja?

Jerawat bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab. Mulai dari seringnya terpapar polusi, konsumsi makanan yang tinggi lemak hingga ketidakseimbangan hormon. Tak semua orang cocok dengan krim anti jerawat komersial, beberapa orang bahkan bisa alami kulit kering jika menggunakannya.

Agar lebih aman, 4 bahan makanan alami ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu cegah dan atasi jerawat. Dikutip dalam This Is Insider (19/12), berikut beberapa makanan yang bisa Anda gunakan.

Baca juga: Agar Jerawat Tak Sering Muncul, Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Keju (1)

1. Madu

Madu, Cuka Apel hingga Yogurt Bisa Bantu Atasi Masalah JerawatFoto: iStock

Madu yang memiliki rasa manis dan juga memiliki manfaat yang sangat efektif untuk mengurangi ukuran jerawat dan kurangi kemerahan. "Madu bersifat antibakteri, ketika dioleskan pada wajah selama sepuluh menit. Ini bisa membantu kempiskan jerawat yang membandel," Dr. Rhonda Klein dari Connecticut Dermatology Group.

2. Yogurt

Madu, Cuka Apel hingga Yogurt Bisa Bantu Atasi Masalah JerawatFoto: Thinkstock

Ketika sedang mencari masker wajah berkualitas dari bahan dapur, Dr. Klein merekomendasikan yogurt. "Yogurt kaya akan probiotik, vitamin B, kalsium, asam laktak dan zinc," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, yogurt yang dicampur dengan buah berry bisa dijadikan sebagai masker wajah. Hal ini dapat berguna untuk pembersih wajah alami. Selain itu, menurut dermatolog yang berbasis di New York, yogurt harus dipijat agar kulit menjadi lembab dan biarkan selama 10 menit sebelum hendak dibilas.

"Yogurt mengandung asam laktak, asam alfa hidroksi yang dapat membantu pengelupasan kulit untuk mengurangi dan cegah pori-pori yang tersumbat," jelas Dr. Shah. Menurutnya, biasanya hasil optimal akan terlihat setelah 4 hingga 7 hari tapi bisa saja lebih cepat.

3. Cuka apel

Madu, Cuka Apel hingga Yogurt Bisa Bantu Atasi Masalah JerawatFoto: The Daily Meal

Tren merawat wajah dengan cuka apel kian digemari. Cuka apel dikenal sebagai obat yang ampuh untuk membantu turunkan berat badan, kesimbangan gula darah dan kesehatan usus. "Cuka apel dapat membantu membersihkan kulit dan membuang kotoran sehingga wajah terhindar dari penempelan bakteri dan penumpukan minyak," tutur Caleb Backe, pakar Kesehatan dan Kebugaran untuk Maple Holistic.

Dia merekomendasikan untuk menambahkan cuka apel dengan air dalam rasio 1:3 sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

4. Kunyit

Madu, Cuka Apel hingga Yogurt Bisa Bantu Atasi Masalah JerawatFoto: iStock

Ramuan yang dibuat dari kunyit dapat membantu melawan minyak berlebih sambil mengurangi ukuran pori-pori. Kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi, keduanya bermanfaat untuk mengurangi jerawat.

Baca juga: Terbukti Diet Vegan Bikin Kulit Mulus Bebas Jerawat (lus/lus)