Irisan Jeruk Lemon Dalam Minuman Juga Bisa Membawa Bakteri

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Des 2017 11:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Seiris jeruk lemon sering ditambahkan dalam berbagai minuman. Mulai dari air putih, teh hingga soda. Tapi ternyata potongan lemon ini bisa mengandung bakteri.

Rasa asam kecut yang dihasilkan lemon memang terbukti membuat minuman semakin segar. Tapi di balik itu semua, potongan lemon masuk sebagai bahan berbahaya yang mengandung banyak bakteri.

Dilansir dari Mashed (11/12) sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 lalu mengungkapkan fakta seputar lemon yang dicampur dalam minuman. Penelitian dalam Journal of Environmental Health ini memperlihatkan minuman yang ditambahkan lemon akan terkontaminasi bakteri.
Irisan Jeruk Lemon Dalam Minuman Juga Bisa Membawa Bakteri Foto: Thinkstock
Para peneliti mengumpulkan 76 irisan lemon dari 21 restoran yang berbeda. Dan hampir 70 persen sampel yang dikumpulkan ini mengalami pertumbuhan mikroba. Bakteri ini berada di bagian kulit, daging ataupun keduanya. Faktanya, semua bakteri ini berpotensi memicu berbagai penyakit.

Jadi darimana bakteri ini berasal? Salah satu periset dari Clemson University yang meninjau studi ini pada 2017, bakteri bisa berasal dari tangan, talenan, pisau dan benda lainnya.

Sebagai gambaran, jika tangan terkontaminasi bakteri E. coli kemudian menyentuh lemon basah maka bakteri tersebut bisa berpindah 100 persen. Sementara pada lemon kering, persentase perpindahan bakteri ini hanya sekira 30 persen. Tapi lemon segar selalu dalam kondisi basah.
Irisan Jeruk Lemon Dalam Minuman Juga Bisa Membawa Bakteri Foto: Thinkstock
Baca juga : Taruh Potongan Lemon di Ruang Tidur Agar Dapat 5 Manfaat Sehat Ini

Bakteri yang melekat pada irisan lemon ini juga berlaku ketika Anda memesan koktail. Studi lain menunjukkan bakteri bahkan bisa bertahan hidup dalam minuman beralkohol. Bahkan pada tequila dengan kadar alkohol tinggi.

Jika sama sekali tidak bisa menghindari lemon, solusinya adalah pastikan restoran tersebut memiliki tingkat higienitas yang tinggi.

"Perhatikan orang yang melayani minuman Anda, jika mereka mengenakan sarung tangan atau penjepit saat memotong lemon, ini bisa mengurangi resiko kontaminan bakteri pada minuman," saran Dr. Alan Taege, seorang dokter spesialis penyakit menular di The Cleveland Clinic.

Dr. Taege juga mengatakan efek dari paparan bakteri ini tidak melulu langsung terasa.Semua kembali lagi pada sistem kekebalan yang dimiliki masing-masing orang. Kendati demikian, Anda harus lebih berhati-hati saat memasukkan atau memesan minuman dengan potongan lemon di dalamnya.

(dvs/odi)