Ingin Naikkan Berat Badan? Konsumsi Saja 4 Makanan Sehat Ini

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 06 Des 2017 19:43 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat banyak orang ingin turunkan berat badan, sebagian orang ingin menaikkannya. Jangan asal pilih, pilihlah menu sehat untuk menambah berat badan.

Orang yang secara genetis tergolong ectomorph, yakni memiliki bentuk tubuh yang kurus, akan mengalami kesulitan untuk dapat menambah berat badan dan membangun otot. Alih-alih menurunkan berat badan, merekapun ingin menaikkannya.

Baca juga: Meskipun Makan Banyak Tetap Kurus, Ini Penyebabnya (2)

Dilansir dari The Times Of India (3/12), hal yang dibutuhkan untuk dapat menambah berat badan adalah diet terstruktur yang baik dengan beberapa makanan berkalori tinggi sebagai berikut.

1. Nasi

Ingin Naikkan Berat Badan? Konsumsi Saja 4 Makanan Sehat IniFoto: iStock/detikFood

Baik nasi merah ataupun nasi putih, keduanya merupakan pilihan yang baik. Perbedaannya ada pada kandungan serat, yang mana beras merah lebih tinggi serat. Tiap150 gram nasi matang memiliki sekitar 40 gram karbohidrat yang menghasilkan 180 kalori. Persentase karbohidrat dan kalori yang tinggi membuat nasi menjadi makanan yang sempurna bagi siapa saja yang ingin menambah berat badan.

2. Kacang

Ingin Naikkan Berat Badan? Konsumsi Saja 4 Makanan Sehat IniFoto: iStock

Kacang padat akan kalori dan dapat dijadikan sebagai cemilan setiap hari. Mengandung lemak, karbohidrat dan protein sekaligus. Lemak pada kacang merupakan lemak esensial yang dibutuhkan tubuh.
Selai kacang atau selai almond bisa dijadikan pilihan yang baik untuk disertakan dalam makanan. Jangan berlebihan dan pastikan selai kacang bebas dari perasa dan gula buatan.

3. Sayur berpati

Ingin Naikkan Berat Badan? Konsumsi Saja 4 Makanan Sehat IniFoto: Thinkstock

Sayuran berpati sejatinya padat akan kalori alias mengandung lebih banyak karbohidrat. Konsumsi kentang, ubi, biji-bijian, legume, gandum, dan jagung dapat bantu Anda dapatkan kalori lebih. Anda bisa mengolahnya jadi aneka makanan enak seperti direbus atau dipanggang untuk pilihan lebih sehat.

Baca juga: Buat Pria Kurus, Ini 4 Makanan yang Bisa Bikin Tubuh Lebih Berotot

4. Keju

Ingin Naikkan Berat Badan? Konsumsi Saja 4 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa

Terdiri dari 70% lemak membuat keju tergolong sebagai makanan berkalori tinggi. Setidaknya dalam 1 gram lemak mengandung 9 kalori yang artinya lebih banyak daripada 1 gram karbohidrat dan 1 gram protein saat dikonsumsi bersamaan. Oleh karena itu, memasukkan keju dalam asupan makanan dapat meningkatkan asupan kalori Anda.

(adr/adr)