Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus Besar

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 02 Des 2017 16:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kanker usus besar kini banyak diderita orang. Dengan menjaga asupan makanan, usus besar menjadi lebih sehat dan terhindar dari kanker.

Dilansir rodalesorganiclife (08/16) dna berbagai sumber, kanker kolorektal (kanker usus besar) adalah salah satu kanker yang paling umum terjadi di AS. Sekitar 140.000 pria dan wanita terjangkit kanker ini setiap tahunnya. Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah.

American Institute for Cancer Research (AICR) memperkirakan bahwa setengah dari semua kanker usus besar dapat dihindari dengan mengubah gaya hidup, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Tentu saja, tidak ada makanan yang ampuh 100% melawan kanker. Namun 6 makanan ini mampu membuat usus besar menjadi lebih sehat.

Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus BesarFoto: dok.thinkstock

1. Salmon
Tiap 85 gram salamon mengandung 1,800 mg omega 3 dan vitamin D per 85 gram. Dua nutrisi tersebut cukup berperan dalam pencegahan kanker usus besar. Menurut AICR, omega-3 mampu mengcegah produksi enzim pada pembuluh darah yang berperan dalam pertumbuhan tumor. Beberapa penelitian berskala besar telah membuktikan bahwa vitamin D berkualitas tinggi, mampu menurunkan rosiko kanker usus besar.

Baca Juga: Konsumsi Omega 3 dari Ikan Efektif Cegah Kanker Payudara

2. Teh Hijau
Teh hijau mengandung EGCG dan polifenol yang mampu menghancurkan radikal bebas dan menggagalkan pertumbuhan sel kanker usus besar. Untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari EGCG, pilihlah matcha.

Dari tiap bubuk teh hijau yang dilarutkan dalam air panas (bukan hanya direndam, seperti daun teh hijau), Anda akan mendapatkan lebih banyak elemen terbaik dari teh hijau dalam setiap tegukannya.

Baca Juga : Apa Benar Teh Hijau Bisa Turnkan Berat Badan dan Cegah Kanker?

Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus BesarFoto: Thinkstock

3. Yoghurt Tawar
Beberapa riset menunjukkan bahwa diet dengan makanan kaya kalsium dan vitamin D dapat membantu mencegah terbentuknya polip, karena pertumbuhan polip di lapisan usus besar bisa menjadi kanker. Yoghurt tawar adalah sumber terbaik kedua nutrisi tersebut. Yoghurt juga memberikan probiotik, yang berperan penting dalam menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

4. Buah dan Sayuran
Tak bisa dipungkiri, sayuran berdaun hijau, buah sitrus, bawang putih, dan bawang merah mengandung fitokimia yang mampu melawan sel kanker dengan cukup kuat. Semua jenis buah dan sayuran juga mampu memberikan antioksidan yang dianggap bisa membantu melindungi tubuh dari kanker.

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan buah dan sayuran paling banyak, dapat terhindar risiko kanker usus besar 25 persen lebih rendah dibandingkan orang yang makan buah dan sayuran lebih sedikit. Jadi jangan malas untuk makan buah dan sayuran.

Baca Juga : Sayuran dan Buah Segar Hambar Pertumbuhan Sel Kanker

Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus BesarFoto: Getty Images

5. Kacang-kacangan
Baru-baru ini di China, ditemukan analisa bahwa kacang-kacangan mampu menurunkan risiko kanker usus besar terhadap satu juta orang dewasa. Contohnya adalah kacang polong. Terdapat serat sebanyak 16 gram pada kacang polong yang merupakan sumber terbaik dari senyawa dan nutrisi anti kanker, seperti isoflavon, lignan, dan vitamin B.

Baca Juga : Konsumsi Kacang Mete dan Almond Bisa Cegah Kanker usus Kambuh Lagi

6. Kunyit
Menurut sebuah tinjauan terbitan Current Colourectal Cancer Reportsempah, rempah ini mengandung curcumin. Senyawa yang terbukti mampu menurunkan peradangan dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk saat ini, tidak ada yang tahu pasti berapa banyak kunyit yang perlu dikonsumsi. Namun para ahli di University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk mengonsumsi bubuk kunyit kira-kira setengah sendok teh per hari.

Baca Juga : Kunyit Pembasmi Sel Kanker Alami

(odi/odi)