Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Alzheimer dengan 10 Makanan Ini (1)

Esther Suhana - detikFood Kamis, 30 Nov 2017 10:03 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Semakin usia bertambah, tentu daya ingat akan semakin melemah. Tapi, ini dapat dicegah dengan konsumsi makanan sehat.

Dengan mengonsumsi makanan seimbang, tubuh akan terhindar dari risiko beberapa penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi dan juga jantung.

Dikutip dalam Health.com ini beberapa makanan yang disebut dapat melindungi tubuh dan otak agar tetap sehat.

Baca juga: Sering Lupa? Rajin Konsumsi 10 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Konsentrasi (1)

Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Alzheimer dengan 10 Makanan Ini (1)Foto: iStock

1. Minyak untuk saus salad
Beberapa jenis minyak mengandung vitamin E yang tinggi. Antioksidannya dapat membantu melindungi neuro (sel saraf). Dalam penyakit Alzheimer, neuron di bagian otak tertentu akan mati dan menyebabkan kemunduran kognitif.

"Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi sangat baik untuk mendukung kesehatan memori dan ini termasuk saus salad, kacang-kacangan, selai kacang, dan biji-bijian nabati yang sehat," kata Martha Clare Morris, ScD, Direktur Bagian Nutrisi dan Gizi, Epidemiologi di Departemen Penyakit Dalam di Universitas Rush, Chicago.

2. Ikan
Salmon, ikan tenggiri, tuna, dan beberapa jenis ikan lain yang kaya akan asam lemak omega-3 sehat dan juga asam docosahexaenoic (DHA) berfungsi sebagai pelindung otak.

"Di otak, DHA sangat penting untuk berfungsinya neuron normal," ujar Morris.

Lebih sering konsumsi ikan artinya lebih sedikit konsumsi daging dan bentuk protein lainnya yang mengandung lemak jahat (LDL).

Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Alzheimer dengan 10 Makanan Ini (1)Foto: Getty Images

3. Sayuran hijau
Sayuran seperti kale, sawi, bayam, dan brokoli memang sudah terbukti menjadi sumber baik vitamin E dan folat.

Contohnya satu cangkir bayam mentah memiliki 15 persen asupan vitamin E harian Anda, dan 1/2 cangkir bayam yang dimasak memiliki 25 persen asupan harian Anda.

Persisnya bagaimana folat bisa melindungi otak masih belum jelas, tapi mungkin cara berkerjanya menurunkan kadar asam amino yang dikenal sebagai homocysteine dalam darah. Tingkat homocysteine yang tinggi dapat memicu kematian sel saraf di otak, namun asam folat membantu memecah tingkat homosistein.

Tingkat homosistein yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Alzheimer dengan 10 Makanan Ini (1)Foto: iStock

4. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang sangat enak. Dapat dijadikan makanan ataupun minuman. Buah alpukat dikemas dengan antioksidan vitamin E.

Penelitian oleh Morris dan rekannya menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin E seperti alpukat yang tinggi antioksidan dikaitkan dengan risiko pengembangan alzheimer yang lebih rendah.

5. Biji Bunga Matahari
Biji-bijian termasuk biji bunga matahari juga baik bagi sumber vitamin E. Satu ons (100 gram) biji bunga matahari kering mengandung 30 persen asupan harian vitamin E yang direkomendasikan. Taburkan di atas salad Anda untuk memberi dorongan pada otak Anda.

Baca juga: Sering Lupa? Rajin Konsumsi 10 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Daya Konsentrasi (2)

(adr/lus)