Ini Penjelasan Soal MSG dan Gluten yang Sering Dicap Tidak Sehat (2)

Esther Suhana - detikFood Senin, 27 Nov 2017 19:03 WIB
Foto: iStock/Telegraph Foto: iStock/Telegraph
Jakarta - Banyak mitos ataupun informasi yang kurang benar soal kesehatan. Mulai dari produk kedelai hingga makanan transgenik yang disebut-sebut berbahaya bagi tubuh.

Ada beberapa makanan yang sebenarnya menyehatkan tetapi disebut berdampak negatif bagi kesehatan. Dikutip dalam Insider, ini beberapa penjelasan makanan yang sering dicap tak sehat.

Baca juga: Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (1)

Ini Penjelasan Soal MSG dan Gluten yang Sering Dicap Tidak Sehat (2)Foto: Getty Images

7. Produk kedelai

Terlalu banyak konsumsi produk kedelai sering dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita. Hal ini dikarenakan terkait dengan fakta bahwa kedelai mengandung senyawa isoflavon yang bertindak sebagai estrogen dalam tubuh. Walaupun begitu bukan berarti produk kedelai berbahaya bagi tubuh.

Ada laporan mengenai seorang pria yang tumbuh payudara setelah konsumsi susu kedelai. Kesalahannya bukan karena ia konsumsi kedelai namun karena ia meminumnya tiga liter susu kedelai setiap hari. Menurut kajian penelitian ulang yang dilakukan tahun 2010, ditemukan bahwa kedelai tidak memiliki efek feminisasi saat dikonsumsi.

Menurut American Cancer Society, mengonsumsi makanan kedelai tradisional, seperti tahu atau susu kedelai dapat melindungi tubuh dari kanker payudara dan endometrium. Akan tetapi porsinya jangan berlebihan.

8. Ikan

Beberapa spesies ikan mengandung kadar merkuri yang tinggi dan jika Anda keracunan merkuri memang akan menyebabkan masalah neurologis, menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam.

Tapi itu bukan alasan untuk menghindari semua jenis ikan. Seafood adalah sumber utama asam lemak omega-3, sejenis lemak yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda, terutama kesehatan hati Anda.

Salah satu studi besar menemukan bahwa konsumsi satu sampai dua porsi ikan berlemak seperti salmon dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 36 persen.

Ini Penjelasan Soal MSG dan Gluten yang Sering Dicap Tidak Sehat (2)Foto: iStock

9. Ikan ternak dan ikan liar

Ada stigma yang mengatakan, ikan ternak lebih buruk daripada ikan yang ditangkap di alam liar.

Memang benar bahwa beberapa peternakan ikan mencemari lingkungan. Akan tetapi menurut Monterey Bay Aquarium, banyak peternakan ikan di seluruh dunia sudah dapat bertanggung jawab atas pencemaran tersebut.

Bahkan peternakan ikan juga sama sehatnya dengan hasil ikan tangkapan di alam liar.

10. Makanan transgenik

Tanaman yang sering menggunakan sistem penanaman transgenik adalah jagung dan kedelai. Bahkan banyak ahli gizi yang menyarankan pasiennya untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut.

Sayangnya, pernyataan itu tidak didukung oleh banyak bukti. National Academics of Sciences menerbitkan laporan secara menyeluruh tentang makanan transgenik (GMO). Dalam laporan tersebut disimpulkan bahwa tidak ada bukti persuasif GMO menjadi penyebab utama kesehatan Anda memburuk.

Ini Penjelasan Soal MSG dan Gluten yang Sering Dicap Tidak Sehat (2)Foto: Istimewa

11. Gluten

Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam gandum dan beberapa makanan nabati lainnya, gluten dapat memberikan tekstur pada roti yang dipanggang.

Akan tetapi banyak orang mencoba untuk menghilangkan gluten dari makanan mereka dengan alasan kesehatan.

Banyak orang khawatiran gluten dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, masalah kulit dan masalah pada otak. Untuk 1 persen populasi yang memiliki penyakit celiac, gluten adalah makanan yang dilarang. Selepas itu, gluten aman untuk dikonsumsi.

Tentu, jika Anda menukar donat yang mengandung gluten dengan semangkuk buah segar bebas yang bebas gluten memang pilihan yang tepat. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan konten gluten.

Baca juga: Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (2)

(adr/lus)