Walau Sehat, Berlebihan Makan Tahu Bisa Sebabkan 5 Efek Negatif Ini

Esther Suhana - detikFood Rabu, 22 Nov 2017 19:28 WIB
Foto: GettyImages/Pinterest Foto: GettyImages/Pinterest
Jakarta - Untuk konsumsi protein, vegetarian lebih memilih tahu sebagai pengganti daging. Akan tetapi terlalu sering dan berlebihan konsumsi tahu, bisa sebabkan hal ini.

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang bersumber dari kacang kedelai. Bagi vegan, tahu bisa diolah setiap hari dengan beragam racikan. Namun, dikutip dalam NDTV (20/11) dan studi ini dilakukan di negara India. Ada 5 hal yang mungkin terjadi jika Anda konsumsi tahu terlalu banyak sebagai bagian dari makanan sehari-hari.

Baca juga: Akhir Bulan Juga Bisa Makan Enak dengan 5 Olahan Tahu Ini

1. Asam urat

Walau Sehat, Berlebihan Makan Tahu Bisa Sebabkan 5 Efek Negatif IniFoto: GettyImages/Pinterest

Tahu memang merupakan sumber protein nabati. Tapi makan tahu terlalu banyak dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Berdasarkan gizi di Bangalore, India Dr. Anju Sood mengatakan, "tahu tentunya merupakan salah satu sumber protein terbaik, tetapi masuk dalam kategori protein yang sulit dicerna. Lalu, protein ini termasuk ke dalam jenis asam urat. Makan terlalu banyak tahu, akan menyebabkan akumulasi kelebihan asam urat di bagian bawah perut."

2. Ketidakseimbangan hormon

Konsumsi terlalu banyak tahu telah dikaitkan dengan penyebab ketidakseimbangan hormon pada wanita. Hal tersebut dikatakan oleh konsultan ahli gizi Dr. Rupali Dutta.

Menurutnya, studi telah mengklaim bahwa asupan kelebihan tofu dapat mengganggu produksi estrogen yang mengarah ke masalah-masalah hormonal.

3. Membuat tubuh sulit mencerna protein

Walau Sehat, Berlebihan Makan Tahu Bisa Sebabkan 5 Efek Negatif IniFoto: GettyImages/Pinterest

Selain dapat menyebabkan kadar asam urat Anda naik dan ketidakseimbangan hormon. Konsumsi makanan yang bertekstur lembut ini bisa membuat tubuh Anda sulit untuk mencerna protein.

Dr Anju mengatakan, "Tahu dikemas dengan protein tanpa lemak, terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat daya serap protein yang kurang optimal, karena menghandung protein penghambat juga. Penghambat ini membuat proses cerna protein lebih sulit sehingga dapat sebabkan masalah perut kembung."

4. Dapat menaikkan asupan kalori
Konsumsi tahu secara berlebihan bisa memberikan dampak ke dalam tubuh Anda, yaitu asupan kalori Anda akan naik. Artinya, tubuh Anda beresiko pada naiknya berat badan.

"Mengonsumsi makanan apa pun secara berlebihan memang akan berdampak buruk, tahu dikemas dengan jumlah protein yang padat, tapi terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat kalori dalam tubuh Anda berlebih dan mengakibatkan kenaikan berat badan" kata Dr Rupali.

Dikabarkan dalam NDTV, kebutuhan kalori untuk wanita sebanyak 1.200 sehari dan 1.800 per hari untuk laki-laki.

5. Dapat menyebabkan kekurangan mineral

Walau Sehat, Berlebihan Makan Tahu Bisa Sebabkan 5 Efek Negatif IniFoto: GettyImages/Pinterest

Ahli gizi macrobiotik dan praktisi kesehatan Shilpa Arora mengatakan, "Tahu mengandung phytates yang mengganggu penyerapan nutrisi penting yaitu yodium dalam tubuh. Mineral ini penting meningkatkan metabolisme dan sangat penting untuk fungsi tiroid. Goitrogens di kedelai harus benar-benar dihindari bagi orang-orang dengan tiroid yang kurang aktif."

Konsumsi makanan terlalu banyak akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Jika Anda ingin kesehatan yang baik atau menurunkan berat badan kuncinya hanyalah dengan memastikan asupannya teratur.

Baca juga: Meskipun Bernutrisi, Olahan Kedelai Justru Dilarang Untuk Penderita Kanker Payudara

(adr/lus)