Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Selasa, 14 Nov 2017 19:40 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Mulai dari makanan lezat yaitu pizza hingga yogurt yang kaya akan manfaat ternyata tidak boleh dikonsumsi jika Anda masih alami flu. Kenapa ya?

Walaupun terdengar seperti penyakit sepele tapi jika Anda tetap konsumsi makanan dan minuman di bawah ini maka flu yang disebabkan oleh alergi bisa memperpanjang durasi penyakit Anda.

Baca juga: Demam dan Flu? Atasi Segera dengan Makan Jeruk dan Pisang!

7. Pizza

Berhenti makan pizza selama Anda flu. Susu dan tomat, dua bahan utama untuk pembuatan pizza yang mengandung karbohidrat, keduanya menyebabkan penumpukan lendir dan menyebabkan hidung tersumbat.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (2)Foto: GettyImages

8. Daging merah

Berbagai jenis daging merah, seperti daging sapi dan kambing. Terutama daging dengan jenis lemak tinggi dapat menyebabkan penumpukan lendir dalam tubuh. Ganti asupan Anda makan steak dengan sumber daging tanpa lemak atau tanpa daging protein sebagai gantinya.

9. Gula

Gula alami seperti buah-buahan akan baik-baik saja untuk konsumsi Anda. Gula sederhana dari soda, permen dan produk olahan lain kurang cocok Anda konsumsi saat flu. Gula dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, menyebabkan penghambatan sistem kekebalan Anda dan lendir penumpukan di rongga sinus Anda.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (2)Foto: Istimewa

10. Makanan asin

Konsumsi garam harus dengan porsi moderat, agar Anda tak mengalami dehidrasi. Namun, kelebihan natrium dalam aliran darah Anda membuat lendir di saluran pernafasan lebih tebal. Memang makanan yang Anda konsumsi secara teratur memiliki garam didalamnya, maka selama Anda masih dalam proses penyembuhan lebih baik batasi asupan garam.

11. Minuman bersoda

Minuman ini pada dasarnya terbuat dari gula dan campuran senyawa karbonasi. Gula halus dan bahan buatan lain dalam minuman soda dapat berkontribusi untuk pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatan merusak peradangan dalam tubuh. Efek ini dikombinasikan meningkatkan sistem kekebalan Anda dalam memproduksi lendir.

Sedang Flu? Sebaiknya Jangan Makan Es Krim dan Pizza (2)Foto: Getty Images

12. Tomat

Meskipun tomat benar-benar baik untuk Anda dan mengandung senyawa untuk melawan kanker. Jus dalam tomat dapat memicu histamin produksi dalam tubuh Anda dengan kata lain bisa membuat Anda alergi. Histamin akan memberi sinyal pada rongga hidung untuk menghasilkan lendir.

13. Yogurt

Dimuat dengan protein dan probiotik, tetapi yoghurt juga dimuat dengan kasein, senyawa dalam susu. Ganti yoghurt Anda dengan chia puding atau pengganti makanan ringan yang lain.

Baca juga: Ini Alasannya Saat Batuk Tak Dianjurkan Makan Mangga dan Roti Manis (lus/lus)
Load Komentar ...