Berenergi dan Tidur Lebih Pulas dengan Rajin Konsumsi Susu Plus Madu

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Nov 2017 04:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kesibukan dan turunnya sistem imun membuat tubuh lebih cepat sakit. Agar hal ini tak terjadi ini sebaiknya minumlah susu dengan tambahan madu yang hangat.

Kunci sehatnya tubuh bisa didapatkan dari makan dengan pola sehat dan seimbang. Salah satunya adalah dengan menikmati segelas susu hangat dengan tambahan sedikit madu. Susu dikemas dengan beragam nutrisi salah satunya mengandung tinggi kalsium dan juga protein. Sedangkan madu mengandung antioksidan yang juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga bisa melawan infeksi.

Keduanya bisa dikombinasikan untuk menjaga kesehatan tubuh dan dikonsumsi setiap hari. Dikutip dalam Boldsky (06/11) ini dia 10 manfaat baik saat Anda konsumsi susu dan madu.

Baca juga: Ini Sebabnya Madu Dipasangkan dengan Susu dan Yogurt dengan Pisang

1. Meningkatkan stamina

Kombinasi antara susu dan madu bisa membantu tingkatkan stamina Anda hari ini. Karbohidrat yang ada di dalam madu bisa memberikan Anda dorongan energi secara instan. Sedangkan protein dalam susu akan memberikan Anda kekuatan. Minuman ini bisa membuat Anda berstamina sepanjang hari. Tak hanya baik untuk dewasa tapi juga anak-anak.

Berenergi dan Tidur Lebih Pulas dengan Rajin Konsumsi Susu Plus MaduFoto: iStock

2. Lancarkan pencernaan

Kombinasi antara susu dan madu sangat baik untuk pencernaan. Madu mengandung prebiotik tertntu yang dapat membantu menunjang kesehatan pencernaan. Bakteri baik di saluran pencernaan akan meningkat dan bisa cegah konstipasi dan perut kembung.

Madu yang dicampurkan dengan susu hangat dan dimunum sebelum tidur bisa menyembuhkan sembelit. Susu diketahui membantu gerakan ekskretoris. Madu mengandung enzim tertentu yang meningkatkan kelenturan usus. Kombinasi ini sangat efektif dalam membunuh bakteri dan cegah perut kembung.

Berenergi dan Tidur Lebih Pulas dengan Rajin Konsumsi Susu Plus MaduFoto: Getty Images

3. Kuatkan tulang

Susu menjadi sumber kalsium terbaik. Selain itu, susu juga mengandung protein yang baik untuk kesehatan sel otot. Sedangkan madu membantu darah menyerap semua kalsium dari susu dan membawanya ke tulang dan bisa menciptakan rasa yang lebih enak ketika dikonsumsi.

4. Mencegah insomnia

Susu dan madu sangat ampuh menyembuhkan insomnia dan membuat Anda tidur dengan pulas. Meskipun madu memiliki rasa manis, akan tetapi zat ini bisa meningkatkan jumlah triptofan. Di dalam tubuh triptofan ini berubah menjadi serotonin yang dikenal sebagai hormon tidur.

Berenergi dan Tidur Lebih Pulas dengan Rajin Konsumsi Susu Plus MaduFoto: Detikfood

5. Cegah penuaan dini dan kurangi stress

Susu dan madu dikatakan dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Terjadinya radikal bebas dapat merusak organ tubuh dan menyebabkan sel mudah menua.

Tak hanya itu, kedua bahan makanan ini dikatakan dapat menghambat hormon kortisol dalam tubuh yaitu hormon stres. Ini juga dapat mengurangi kerusakan yang dilakukan oleh hormon ke organ dalam. Susu dan madu juga disebut sebagai kombinasi hebat untuk meningkatkan daya ingat dan meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (1) (lus/lus)
Load Komentar ...