Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Minum Susu Unta

Esther Suhana - detikFood Kamis, 26 Okt 2017 11:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jika susu sapi sudah sering dikonsumsi, Anda bisa mencoba susu unta. Hewan mamalia ini menghasilkan susu bernutrisi dengan banyak manfaat.

Meski tak umum, susu unta bisa jadi pilihan minuman sehat. Penelitian membuktikan susu unta mirip dengan Air Susu Ibu (ASI) secara struktural. Susu unta juga lebih mudah dicerna dibanding jenis susu lainnya. Mengenai rasa, susu unta kabarnya mirip susu sapi. Nah, kalau Anda minum susu unta, berikut 8 manfaat yang bisa didapat seperti dikutip dalam Talk Chick (12/10).

Baca Juga: Produk Susu Unta yang Dipromosikan Kaya Manfaat Ini Justru Dapat Peringatan

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Enzim pelindung yang ditemukan pada susu unta seperti Lysozymes, Immunoglobulin, lactoferrin, dan lactoperoxidase memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang baik bagi tubuh. Enzim ini membantu tubuh memproduksi pelindung alami.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Minum Susu UntaFoto: iStock

2. Baik untuk Anak Alergi
Susu unta baik dikonsumsi anak alergi karena bantu atasi gejala alergi parah yang timbul dari konsumsi makanan tertentu. Ini karena susu unta mengandung imunoglobulin yang ampuh meredakan alergi dan mengurangi gejalanya.

3. Atasi Autisme
Studi pada individu autis menyimpulkan bahwa gejala autisme menurun saat mereka diberi susu unta. Mereka menunjukkan pengurangan gejala agresi dan pola self-destructive yang membahayakan diriya sendiri. Meski begitu, penelitian tidak dapat membuktikan bagaimana susu unta mengendalikan kondisi tersebut.

4. Mengatur Tingkat Gula Darah
Bagi pasien yang menderita diabetes tipe 1, minum susu unta bisa jadi cara alami untuk memperbaiki kadar glukosa darah. Sekaligus mengurangi kebutuhan akan dosis insulin harian.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Minum Susu UntaFoto: iStock

Baca Juga: Susu Unta Akan Jadi Superfood karena Lebih Kaya Nutrisi daripada Susu Sapi

5. Kaya akan Protein Unik
Peneliti menemukan susu unta mengandung lebih dari 200 protein. Beberapa diantaranya benar-benar unik. Senyawa bioaktif ini bersifat anti-oksidatif, antimikroba, anti-trombotik dan antihipertensi.

6. Tinggi Antioksidan
Susu unta tinggi antioksidan yang mampu hancurkan radikal bebas seperti pada masalah pigmentasi dan menyembuhkan penyakit seperti sel kanker. Antioksidan membuat susu unta juga mampu atasi stres oksidatif dan mencegah kanker.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Minum Susu UntaFoto: Gagah Wijoseno

7. Bagus untuk Berat Badan
Susu unta efektif dalam mengendalikan diabetes. Tidak hanya mengandung berbagai protein mirip insulin, kandungan lemak susu unta juga rendah. Ini berarti minum susu unta tidak akan menambah berat badan atau kadar kolesterol.

8. Bersifat Anti-Aging
Susu unta mengandung asam alfa hidroksil campuran (AHA) yang membantu hilangkan garis-garis halus dan mencegah keriput, sehingga menunda efek penuaan kulit.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com