Produk Susu Unta yang Dipromosikan Kaya Manfaat Ini Justru Dapat Peringatan

Maya Safira - detikFood
Selasa, 17 Jan 2017 18:44 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Susu unta mulai dikenal punya banyak manfaat. Tapi salah satu produk susu unta di Amerika justru mendapat peringatan dari FDA.

Susu almond mulai banyak digemari setelah berkembangnya tren sehat. Namun kini ada susu unta yang ikut naik pamor dan diprediksi jadi tren mendatang.

Susu unta mengandung lebih banyak niacin, vitamin B3, zat besi, dan vitamin C dan jumlah serupa akan protein, kalsium, lemak dan laktosa untuk susu sapi dan kambing. Akan tetapi penelitian tentang manfaat susu unta masih tahap awal.

Produk Susu Unta yang Dipromosikan Kaya Manfaat Ini Justru Dapat PeringatanFoto: iStock


Menurut klaim, susu unta bisa punya banyak manfaat kesehatan. Seperti menghadapi autisme, diabetes hingga penyakit Crohn.

Meski begitu, kabar tersebut belum terbukti klaimnya. Pemerintah Amerika Serikat pun meminta pembuktian.

Dalam surat peringatan September 2016 yang baru-baru ini diketahui publik, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengancam penarikan produk susu unta jaringan Desert Farms asal Californa. Ini dilakukan apabila mereka tidak berhenti menyebar klaim tentang manfaat susunya, lapor Stuff.co.nz (17/01).

"Klaim terapeutik di situs dan laman Facebook menetapkan bahwa produk ini adalah obat. Karena mereka bertujuan menggunakannya untuk penyembuhan, mitigasi, pengobatan atau pencegahan penyakit," FDA menyatakan dalam surat itu.

Selama ini jaringan Desert Farms sudah mengklaim bahwa susu unta bisa membantu penyakit Alzheimer, autisme, diabetes, ezcema, tuberkulosis, dan gangguan autoimun.

Produk Susu Unta yang Dipromosikan Kaya Manfaat Ini Justru Dapat PeringatanFoto: iStock


"Produk Anda tidak diakui aman secara umum dan efektif untuk referensi penggunaan yang disebutkan di atas. Obat baru tidak seharusnya diperkenalkan secara legal atau disampaikan untuk masuk ke dalam perdagangan antar negara bagian tanpa persetujuan FDA," tambah FDA dalam surat peringatan.

Masalah semakin rumit dengan fakta bahwa Desert Farms menjual susu unta mentah dan pasteurisasi. Pemberitaan Stuff menyebut susu mentah akan lebih berisiko bagi konsumen. (msa/odi)