Kalau Mau Gigi Tak Cepat Rusak, Rajinlah Makan Brokoli dan Telur

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 25 Okt 2017 18:39 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Nutrisi dalam keju, salami, hingga mentega mengandung vitamin A, D, K2, dan E. Ini merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan gigi.

Kesehatan gigi dan mulut seringkali luput dari sebagian orang. Anggapan bahwa hal ini dapat diatasi hanya dengan memilih pasta gigi yang baik, ternyata tak sepenuhnya membantu.

Kalau Mau Gigi Tak Cepat Rusak, Rajinlah Makan Brokoli dan TelurFoto: Istimewa


Dilansir dari Metro (22/10), dokter gigi bernama Steven Lin mengatakan, nutrisi yang baik untuk gigi justru lebih penting daripada pasta gigi yang digunakan. Ia juga mengatakan bahwa gigi merupakan organ tubuh yang hidup. Sehingga perlu nutrisi yang tepat untuk menumbuhkan dan mempertahankan kadar enamel dan dentin. Melalui situsnya ia juga menyebut tanpa nutrisi yang tepat, gigi Anda akan berjuang lebih keras untuk tetap utuh.

Baca juga: Agar Gigi si Kecil Tak Mudah Berlubang, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Anak Makan

Oleh sebab itu, Anda harus mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral yang tepat agar gigi terus kuat dan sehat. Namun bila Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, maka bakteri dan asam di mulut Anda akan mulai mengatasi proses penyembuhan, yang dapat mengurangi regenerasi gigi Anda lebih cepat.

Untuk memperbaiki kesehatan gigi, Anda memerlukan banyak vitamin A, D, K2 dan E yang larut dalam lemak. Berikut penjelasannya!

1. Kalsium sangat penting untuk kesehatan, tulang kuat tapi tanpa vitamin K2, merupakan hal yang salah. Vitamin K2 bertugas seperti polisi lalu lintas untuk kalsium Anda, mengatur di mana dan kapan harus pergi. Jika Anda kekurangan vitamin K2, kalsium Anda akan berakhir di arteri dan ginjal Anda, sehingga tidak membantu membangun kembali gigi. Ini adalah vitamin utama dalam hubungan gigi dan jantung, yang bisa Anda dapatkan dengan konsumsi keju, telur, mentega dan salami.

Kalau Mau Gigi Tak Cepat Rusak, Rajinlah Makan Brokoli dan TelurFoto: Istimewa


2. Vitamin E adalah antioksidan yang membantu menjaga mikrobiom mulut tetap sehat dan menjaga bakteri tetap ada. Bisa didapat dari bayam, brokoli dan kacang.

Baca juga: Mau Punya Gigi Putih dan Kuat? Bantu dengan Konsumsi 8 Makanan Ini

3. Vitamin D adalah salah satu vitamin terpenting untuk gigi Anda, karena bertanggung jawab untuk menjaga tulang tetap kuat. Dalam sebuah uji klinis mengenai hubungan antara vitamin D dan kerusakan gigi, diketahui bahwa vitamin D dapat mengurangi rongga gigi. Sistem kekebalan dalam gigi yang disebut odontoblasts akan aktif jika mendapat vitamin D. Odontoblas adalah sel-sel gigi yang menghasilkan dentin dan sangat penting untuk regenerasi gigi. Setidaknya Anda membutuhkan 2.000 IU vitamin D sehari yang setara dengan berada di bawah sinar matahari selama 20 menit, atau dengan konsumsi jamur dan ikan yang berminyak.

Kalau Mau Gigi Tak Cepat Rusak, Rajinlah Makan Brokoli dan TelurFoto: Istimewa


4. Vitamin A juga diperlukan untuk produksi air liur yang akan melindungi gigi dari bakteri berbahaya. Dapat ditemui dalam hati, susu dan telur.

Pastikan Anda mengkonsumsi makanan-makanan di atas ya! (msa/odi)