Cegah Rambut ​Rontok ​dengan Konsumsi 12 Makanan ​Enak ​Ini (1)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Kamis, 12 Okt 2017 15:58 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Rambut yang sehat dan lebat jadi dambaan setiap orang. Selain merawat dengan produk kecantikan, Anda juga bisa menjaga kesehatan rambut dari makanan. Apa saja ya?

Makanan mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Ada beberapa makanan yang memang diperuntukkan menyehatkan dan melindungi rambut. Kandungan didalamnya berupa vitamin dan mineral. Kilau, tekstur, dan bahkan panjang rambut Anda semua bergantung pada folikel. Folikel harus diberi nutrisi yang baik agar dapat memberikan hasil yang baik pula untuk rambut Anda.

Dikutip dalam The Daily Meal (10/10), ini beberapa bahan makanan yang bisa membuat rambut Anda lebih sehat.

Baca juga: Mau Rambut Cantik Bersinar? Sebaiknya Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini

1. Almond butter

Biasanya Anda menyantap roti menggunakan selai untuk memberikan isian yang lezat. Namun tahukah Anda bahwa almond butter mampu menghaluskan rambut. Almond butter ini mengandung vitamin E yang telah dikaitkan dengan rambut yang lebih tebal dan berkilau. Protein dan lemak sehat juga bisa membantu menunjang kesehatan rambut. Sajikan beberapa iris roti panggang atau pisang dan santap bersama dengan oatmeal di pagi hari.

Kayu manis.Kayu manis. Foto: Foodbeast

2. Kayu Manis

Menyantap oatmeal, roti panggang atau kopi bersamaan taburan kayu manis memang akan melengkapi hari-hari Anda. Kayu manis memiliki senyawa yang akan membantu sirkulasi darah ke kulit kepala dan meningkatkan aliran darah yang nantinya akan membawa lebih banyak oksigen dan nuitrisi ke folikel rambut Anda.

3. Telur

Anda mungkin sering mengkonsumsi telur untuk melengkapi santapan makan pagi Anda. Telur merupakan makanan yang sangat penting untuk membantu kesehatan rambut. Kandungan protein, lemak sehat, zat besi dan biotin terdapat pada kuning telur. Dan salah satu kandungan terpentingnya adalah sulfur, nutrisi yang sangat penting untuk membantu penyerapan vitamin B.

Selain itu, telur juga kaya akan vitamin B yang disebut biotin, fungsinya untuk membantu pertumbuhan rambut.

Greek yoghurt.Greek yoghurt. Foto: iStock

4. Greek Yogurt

Jika rambut Anda sering rontok, mungkin Anda harus mengkonsumsi makanan satu ini untuk mengatasinya. Greek yogurt kaya akan protein, vitamin B5 atau sering dikenal dengan sebutan asam pantotenik. Fungsi vitamin B5 juga bisa membantu aliran darah yang menuju ke kulit kepala Anda dan membantu menumbuhkan rambut serta cegah kerontokan.

5. Jambu

Sering mewarnai rambut, apalagi konsep kekinian yaitu ombre bisa membuat rambut Anda patah-patah. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Satu cangkir jambu biji mengandung sekitar 377 mg vitamin C.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daunnya juga mengandung lycopene yang dapat melindungi rambut dari sinar matahari. Selain itu bermanfat untuk mencegah akumulasi kotoran pada kulit kepala dan berguna untuk mencegah ketombe.

Daging ayam.Daging ayam. Foto: iStock

6. Daging ayam

Anda bisa mengonsumsi minimal dua kali sehari untuk memenuhi nutrisi rambut Anda. Daging ayam mengandung protein, vitamin B, zat besi, zinc dan mineral penting lainnya yang akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Konsumsi daging ayam atau kalkun bisa jadi cara terbaik untuk mengasup protein ke dalam tubuh.

Baca juga: Banyak Konsumsi Makanan Ini Bisa Membuat Rambut Rontok dan Kuku Rapuh (lus/odi)
Load Komentar ...