Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Bakar Lemak dengan Rajin Konsumsi Labu Kuning

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Jumat, 06 Okt 2017 17:41 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kecuali rasanya manis labu kuning juga mengandung serat dan vitamin. Nutrisi ini berfungsi untuk membantu melangsingkan tubuh serta tingkatkan imunitas.

Labu yang berwarna kuning ini mengandung karotenoid yang dapat membantu kurangi peradangan dan menangkal radikal bebas. Di Indonesia, labu kuning sering diolah menjadi beragam dessert yang manis. Karena teksturnya yang lembut setelah diolah, buah ini juga sering jadi pilihan untuk diberikan pada anak-anak karena tinggi nutrisi.

Dikutip dalam Eating Well, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rutin konsumsi labu kuning. Apa saja ya?

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Bakar Lemak dengan Rajin Konsumsi Labu KuningFoto: iStock


Baca juga: 5 Alasan Sehat untuk Selalu Ngemil Biji Labu Kuning

1. Membakar lemak tubuh
Peneliti menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak makanan tinggi karotenoid dapat membantu mencegah penyimpanan lemak berlebih di dalam tubuh. Terutama di sekitar perut Anda. Selain itu, penelitian lain juga mengatakan bahwa mereka menemukan jus dan suplemen yang kaya akan karoten bisa membantu turunkan lemak di dalam perut.

2. Tingkatkan kesehatan mata
Saat para ilmuwan menganalisis diet dalam Nurses 'Health Study' ada lebih dari 100.000 orang yang terdiri dari pria dan wanita selama 35 tahun yang ikut dalam penelitian ini. Mereka menemukan seseorang yang konsumsi makanan mengandung karotenouid setara dengan 1,5 cangkir wortel setiap minggu dapat menurunkan risiko degenerasi makula sebesar 25 sampai 35 persen. Tidak hanya wortel, labu kuning juga mengandung karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Bakar Lemak dengan Rajin Konsumsi Labu KuningFoto: iStock


3. Hancurkan Sel Kanker
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan konsumsi karotenoid atau beta karoten dari buah sayur dapat tingkatkan kemampuan tubuh menghancurkan sel kanker. Meskipun bahan makanan yang mengandung karotenoid beragam, akan tetapi rutin konsumsi sayuran tinggi karotenoid seperti wortel dan labu kuning bisa membantu turunkan risiko kanker payudara dan kolorektal.

4. Tingkatkan imunitas tubuh
Pigmen yang menghasilkan sayuran berwarna oranye memang sangat baik untuk tubuh. Bahan makanan ini membuat vitamin A menjadi sistem kekebalan tubuh. Bahkan bisa mencegah terjadinya flu secara efektif. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin A dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap autoimun seperti diabetes tipe 1, lupus dan sklerosis.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Bakar Lemak dengan Rajin Konsumsi Labu KuningFoto: iStock


5. Cara pengolahan
Labu yang dipadangkan dengan gula memang dapat menghasilkan makanan yang enak. Selain itu jika ditambahkan dengan jahe dan kayu manis dapat membantu menenangkan perut dan kurangi rasa tak nyaman pada perut. Sedangkan kayu manis dapat membantu mengurangi nyeri otot. Tapi, agar lebih sehat, sebaiknya jangan mengolah labu kuning dengan tambahan gula agar tak menambah beban kalori pada tubuh.

Baca juga: Mau Turunkan Gula Darah dan Kadar Kolesterol? Rutinlah Makan Labu Kuning (msa/odi)