9 Makanan Enak Ini Baik Dikonsumi untuk Tingkatkan Kolesterol Baik

Regita Lorena - detikFood Selasa, 22 Agu 2017 14:36 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Meningkatkan kolesterol baik penting untuk cegah risiko serangan penyakit jantung koroner. Cukup dengan rutin konsumsi bahan makanan enak.

Kolesterol sering diartikan dengan sesuatu yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi jantung. Tapi, kolesterol tidak selamanya buruk. Tubuh Anda justru memerlukan kolesterol HDL (High Density lipoprotein) atau kolesterol baik untuk dapat membersihkan kolesterol LDL (Low Density lipopritein) atau kolesterol jahat dari dalam tubuh.

Baca juga : Kolesterol Naik? Mulailah Rutin Konsumsi Makanan dan Minuman Alami yang Enak Ini (1)

Kolesterol adalah unsur seperti lemak, yang dapat memberi energi pada sel di tubuh agar dapat berfungsi lenih baik. Namun, terlalu banyak asupan lemak tentu saja berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian kolestrol di kategorikan menjadi dua yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

9 Makanan Enak Ini Baik Dikonsumi untuk Tingkatkan Kolesterol BaikFoto: iStock


HDL atau kolesterol baik bertindak sebagai filter untuk tubuh, yang dapat mengurangi LDL atau kolesterol jahat. Jadi, untuk melawan kolesetrol jahat, kolesterol baik harus berkualitas dengan jumlah cukup.

Kini, tak hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah menghadapi masalah obesitas yang timbul akibat dari tingginya kolesterol jahat pada tubuh mereka.

Tapi, seseorang yang aktif secara fisik, memiliki pola makan sehat, tidak kelebihan berat badan, dan tidak memiliki riwayat keluarga dengan kadar kolesterol tinggi berisiko lebih rendah terkena kolesterol tinggi. Jadi, pola makan memiliki peran penting untuk mengatur kadar kolesterol seseorang.

Kisaran kolesterol LDL yang ideal untuk anak harus kurang dari 110 mg/dL. Garis batas tingginya kolesterol berkisar antara 110 sampai 129 mg/dL sedangkan kolesterol dikatakan tinggi jika lebih dari 130 mg/dL.

Pakar kesehatan merekomendasikan agar semua anak diperiksa kolesterol diantara usia 9 dan 12 tahun dan juga di usia 17 dan 21 tahun. Anak-anak dengan faktor risiko tinggi, seperti diabetes atau riwayat keluarga dengan kadar kolesterol tinggi, harus diperiksa di antara usia 2 dan 8 tahun dan juga di antara usia 12 dan 16 tahun.

Untuk orang dewasa, kolesterol harus diukur setidaknya setiap lima tahun sekali. Tes skrining yang biasanya dilakukan adalah adalah tes darah yang disebut dengan profil lipid. Para ahli merekomendasikan bahwa pria berusia 35 tahun dan yang lebih tua, dan wanita berusia 45 tahun dan yang lebih tua harus lebih sering melakukan tes skrining untuk gangguan lipid.

Pada orang dewasa, kadar kolesterol harus kurang dari 100 mg/dL. Kadar 100 sampai 129 mg/dL dapat diterima oleh orang yang tidak memiliki masalah kesehatan. Tapi tidak bagi orang yang menderita penyakit jantung atau resiko penyakit jantung.

Batas tingginya kolestrol pada orang dewasa adalah 130 sampai 159 mg/dL, dikatakan tinggi jika mencapai 160 sampai 189 mg/dL. Jika mencapai 190 mg/dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.

Baca juga : Kadar Kolesterol Tinggi? Turunkan dengan Rutin Konsumsi 12 Makanan Enak Ini

Untuk menghindari kolesterol jahat, ahli gizi menyarankan daftar makanan yang diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, seperti yang dilansir dari food.ndtv.com (18/8).

1. Kedelai

Kedelai mengandung rasio protein tinggi, yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit jantung. Isoflavon yang ada di dalam kedelai meningkatkan kadar kolesterol baik 3% setiap saat.

Yogurt.Yogurt. Foto: iStock

2. Yogurt

Yogurt mengandung kolestrol baik dengan tambahan bakteri yang dapat memperbaiki sistem pencernaan. Yogurt rendah lemak merupakan pilihan yang baik untuk makanan sehari-hari.

3. Dark Chocholate

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 100 gram dark chocolate yang mengandung flavonoid dan antioksidan setiap hari meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 9 persen.

Sayur bayam segar.Sayur bayam segar. Foto: detikFood/iStock

4. Bayam

Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Konsumsi 1/2 cangkir bayam setiap hari melindungi tubuh dari serangan jantung.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak nabati yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Minyak yang kaya akan antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Ikan salmon.Ikan salmon. Foto: iStock

6. Ikan

Ikan seperti salmon, makarael, tuna, sarden dan trout kaya akan asam lemak omega-3. Ikan ini dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolestrol baik.

7. Red Wine

Kandungan antioksidan pada red wine dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Telur.Telur. Foto: Istimewa

8. Telur

Telur yang mengandung banyak lesitin diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh hingga 48 persen hanya dalam 12 minggu.

9. Buah Musiman

Buah dan sayuran rendah akan lemak jenuh dan kaya serat. Buah dan sayuran dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan memberi nutrisi penting lainnya.

baca juga : Mau Turunkan Kadar Kolesterol? Makanlah Satu Buah Alpukat Setiap Hari (lus/odi)
Load Komentar ...