Makanan Rumah Sakit

Agar Makanan Enak, Chef dan Ahli Gizi Bekerjasama Sajikan Makanan Pasien

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 02 Sep 2016 16:10 WIB
Foto: iStock/detikFood
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit
Jakarta - Menu rumah sakit harus enak. Karenanya rumah sakit sajikan menu enak melalui kolaborasi chef dan ahli gizi.

Beberapa orang mengeluh tentang makanan rumah sakit. Seperti rasa hambar, aroma kurang menarik hingga tampilan kurang menggugah selera. Padahal makanan menjadi salah satu penunjang kesembuhan pasien.

Namun, kini banyak rumah sakit sajikan makanan dengan rasa yang enak dan diracik langsung oleh chef profesional. Chef juga bertanggung jawab atas proses perencanaan, penyediaan, controlling dan juga mengetahui standar penyajian makanan berdasarkan kelasnya dengan pengawasan ahli gizi.

Pihak rumah sakit juga melakukan uji organoleptik sehingga rasa makanan sudah terjamin sesuai. "Jika ada komplain kita harus melihat dulu jenis dietnya. Biasanya yang komplain adalah pasien dengan diet yang sudah kompleks seperti diabetes, rendah garam dan rendah protein. Memang agak sulit karena pemilihan bahannya untuk diet ini terbatas. Tapi kita usahakan sebisa mungkin memenuhi keinginan pasien," jelas Tiny Kurnianih, Kepala Unit Gizi RS Puri Cinere pada Detikfood.

"Biarpun makanan rumah sakit, kita coba menyajikan makanan sesuai dengan keinginan pasien dengan tetap memperhatikan kondisi pasien yang mengacu pada makanan bertaraf hotel bintang lima," tutur Rini Siti Haerani S.Gz, Ahli Gizi Mayapada Hospital Lebak Bulus saat ditemui Detikfood.

Selain itu, ahli gizi juga melakukan edukasi kepada pasien. Setiap pasien yang masuk akan dijelaskan mengenai terapi diet yang dijalankan selama dirawat, pantangan makanan yang tidak bisa dikonsumsi dan edukasi terhadap terapi diet serta pola makan pasien selama di rumah.

dr Elia Indrianingsih, Sp.Gk selaku dokter spesialis gizi klinik Eka Hospital BSD juga mengatakan bahwa kita harus mengubah pemikiran itu. Rumah sakit sudah berupaya menepis anggapan tersebut dengan menyiapkan tim chef sehingga dapat menyajikan cita rasa makanan yang enak.

Jika sedang sakit memang nafsu makan turun. Akan tetapi beberapa rumah sakit menyajikan menu yang enak seperti Nasi Ulam, Soto Tangkar, Ayam Bakar Taliwang, Gurame Goreng Tepung Saus Buah serta Beef Goulash hingga German Potato Soup dan Chicken Steak BBQ Sauce.

Aneka camilan juga jadi hal penting. Macaroni schotel, sosis Solo, puding hingga muffin juga disajikan dengan paduan teh, jus ataupun susu. (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Rumah Sakit

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com