Apa Benar Air Kelapa dan Biji Chia Bernutrisi Hebat? (2)

Aisyah Kamalia - detikFood Selasa, 02 Agu 2016 11:38 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Biji chia, madu, air kelapa jadi konsumsi para pelaku hidup sehat karena diyakini kaya nutrisi. Apakah benar bernutrisi hebat?

Meskipun hingga kini masih ada perdebatan soal khasiat nutrisi biji chia dan goji berries, tetapi banyak orang meyakininya sebagai makanan super. Tak heran jika harganya juga relatif mahal.

6. Air kelapa

Minuman ini sering dicari orang karena dapat menghidrasi tubuh lebih baik daripada air. Menurut Prof. John Brewer selaku ahli hidrasi, air kelapa tidak memiliki manfaat yang terlalu besar dibandingkan air. Hanya saja air kelapa memiliki kandungan elektrolit seperti potasium. Namun, tetap saja lebih murah makan pisang untuk peroleh kandungan yang sama.

7. Goji berries


Goji berries mengandung vitamin A, C, dan B2 ditambah zat besi dan antioksidan. Karenanya bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Juga melindungi penyakit jantung dan kanker serta memperpanjang usia. Anda harus meminum jus dari 13 mangkuk goji berries untuk mendapatkan antioksidan yang setara dengan satu buah apel merah.

8.Cokelat


Banyak studi menyebutkan cokelat murni sangat baik untuk jantung karena kaya antioksidan, mampu menurunkan kadar kolesterol dan kaya magnesium. Tetapi harus diingat banyak pabrik pembuat cokelat sudah menambahkan gula, susu sehingga kalorinya jadi tinggi.

9. Biji Chia

Biji mungil ini kaya akan protein juga kaya omega 3 dan akan mengembang di lambung. Hal ini membuat perut terasa kenyang lebih lama. Biji mungil ini sangat menyerap air. Karenanya perlu diimbangi dengan konsumsi air yang cukup.

10. Wheatgrass


Wheatgrass disebut lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan sayuran lain. Dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan nutrisi 30 ml jus wheatgrass sama dengan 1 kg sayuran.

(adr/odi)