Nanas Bisa Bantu Cegah Sembelit hingga Bakar Lemak Tubuh

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 30 Jun 2016 18:17 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain enak, buah nanas juga kaya manfaat. Kaya akan vitamin dan mineral juga dapat membantu cegah sembelit hingga bantu langsingkan tubuh.

Dalam 100 gr nanas mengandung energi sebesar 40 Kkal, protein 0,6 gr, lemak 0,3 gr dan karbohidrat sebesar 9,9 gr. Selain itu, kandungan vitamin C yang terkandung dalam nanas sebesar 22 mg dan serat 0,6 gr.

Karena dikenal memiliki banyak manfaat, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah nanas yang dilansir dalam NDTV (30/06).

1. Anti inflamasi



Nanas berasal dari keluarga Bromeliaceace. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang memiliki manfaat kesehatan. Campuran senyawa kompleks dari zat ini dapat bertindak sebagai pereda nyeri, anti-koagulan dan agen anti inflamasi. Bisa dikatakan, nanas juga dapat digunakan sebagai aspirin yang alami.

2. Obat untuk sembelit
Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu pembentukan tinja dan gerakan yang cepat pada saluran cerna. Sementara itu, enzim bromelain juga dikenal dapat membantu dalam proses pemecahan protein. Jus nanas, berfungsi sebagai pencahar alami untuk redakan sembelit.

3. Bantu pembekaran lemak



"Meskipun mengandung gula, tapi jumlahnya tidak begitu besar. Nanas juga tidak mengandung lemak sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan diet penurunan berat badan," tutur Dr. Anju Sood, ahli gizi yang berbasis di Banglore.

Sood juga menambahkan bahwa serat larut yang terkandung dalam nanas berkontribusi dalam menunda proses pencernaan sehingga membantu mengontrol rasa lapar dan secara tidak langsung menyumbang dorongan dalam metabolisme dan pembakaran kalori.

4. Tingkatkan kesehatan mata
Nanas merupakan buah yang memiliki sumber vitamin C cukup tinggi. Selain itu, nanas juga mengandung antioksidan dan mineral seperti mangan dan kalium. Hal ini memebantu memerangi kerusakan sel dan mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit mata yang dapat mempengaruhi orang-orang dengan usia tua. Buah ini juga menjadi sumber yang baik dari beta karoten yang penting untuk kesehatan mata.

5. Mengatur tekanan darah dan hipertensi
Penelitian medis telah menetapkan bahwa secangkir buah nanas mengandung 1 mg sodium (jumlah yang rendah) dan 195 mg kalium (jumlah yang tinggi) yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah ke keadaan normal. Kalium merupakan mineral penting yang membantu dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh.

6. Kaya akan vitamin



Vitamin A,C,E dan K banyak terkandung dalam nanas. Selain itu ada juga beberapa kandungan mineral seperti kalium, kalsium, elektrolit dan phyto-nutrients sepetri karoten.

Mereka adalah sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi Anda dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis dan berbagai jenis kanker. Vitamin A dan C juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

"Kami biasanya merekomendasikan dua porsi buah setiap hari dan nanas pasti bisa menjadi salah satu pilihannya untuk dikonsumsi setiap hari," tambah Dr Sood. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com