Teh Melati dan Teh Mint Berkhasiat Tingkatkan Libido serta Redakan Stress

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 18 Sep 2015 13:35 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain mengandung antioksidan, tiap jenis teh punya manfaat untuk kesehatan. Seperti teh melati dipercaya mampu tingkatkan kesuburan dan libido.

Seperti diberitakan Daily Mail (18/09/15), ahli gizi Neema Savvides mengungkap manfaat konsumsi beberapa jenis teh. Teh mint, misalnya, berkhasiat meredakan stress. Bagaimana dengan jenis teh lainnya?

1. Teh jahe dan lemon
Selain memberi energi, teh jahe dan lemon juga bersifat anti-inflamasi sehingga baik dikonsumsi wanita yang menderita endometriosis. Teh dengan rasa asam segar ini punya manfaat membersihkan, mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan sirkulasi ke organ reproduksi. Sementara jahe berkhasiat mengatasi rasa kembung di perut. Bagi wanita hamil yang kerap merasa mual di pagi hari (morning sickness) disarankan minum secangkir teh jahe dan lemon.

Foto: Thinkstock

2. Teh melati
Aroma harum teh melati atau jasmine tea sejak lama dimanfaatkan warga China sebagai peningkat kesuburan serta libido. Teh melati kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Berbagai penyakit pun bisa dilawan seperti kanker, gangguan pencernaan, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Namun teh ini mengandung kafein sehingga disarankan tidak terlalu banyak dikonsumsi, terlebih sebelum tidur.

3. Teh hijau
Teh hijau dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya. Penelitian membuktikan kandungan hypoxanthine dan polifenol dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Beberapa senyawa dalam teh hijau jugabermanfaat meningkatkan fungsi otak, mengurangi rasa cemas, meningkatkan metabolisme, hingga menurunkan berat badan. Karena tinggi antioksidan, teh hijau dipercaya dapat melawan kanker dan penyakit degeneratif lain seperti alzheimer dan parkinson.

4. Teh mint
Teh mint yang dingin menyegarkan bermanfaat mengurangi stress. Disamping itu teh mint juga mengandung vitamin A, C, dan B12. Jika Anda sering mengalami gangguan pencernaan, konsumsilah teh mint setelah makan. Gunakan daun mint segar sebagai campuran teh agar khasiatnya maksimal.

Foto: Thinkstock

5. Teh apel dan kayu manis
Penelitian membuktikan kayu manis baik dikonsumsi wanita yang alami ketidakseimbangan hormon akibat sindrom ovarium polikistik. Kayu manis juga efektif kendalikan gula darah sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes. Sementara apel mengandung vitamin B6 yang berkhasiat tingkatkan jumlah oksigen dalam darah serta menguatkan sistem imunitas tubuh.

(adr/odi)