Penyakit Akibat Kontaminasi Makanan Justru Banyak Disebabkan Saat Makan di Luar

ADVERTISEMENT

Penyakit Akibat Kontaminasi Makanan Justru Banyak Disebabkan Saat Makan di Luar

- detikFood
Senin, 28 Apr 2014 18:58 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak tempat makan menyediakan makanan tradisional hingga modern. Akan tetapi tidak semua tempat makan terjamin kebersihannya. Karenanya banyak penyakit disebabkan karena jajanan di luar.

Di Amerika, sekitar 44 persen orang makan di sebuah restoran setiap harinya. Dalam laporan terbaru dari Center for Science in the Public Interest (CSPI), dalam penelitian ditemukan bahwa 44 persen dari penyakit yang terkait dengan kontaminasi makanan berasal dari restoran dan 24 persen dari rumah.

Hal ini menunjukkan bahwa penyakit yang dikaitakan dengan makanan di sebabkan karena makanan yang tidak bersih misalnya dari restoran. Ada beberapa hewan pengerat seperti kecoa dan tikus dapat menjadi perantara pembawa penyakit.

Selain itu menggunakan talenan yang sama untuk makanan mentah dan matang dapat menjadi media penyebaran bakteri seperti Salmonella dan E. coli. Atau karyawan yang mengabaikan mencuci tangan mereka setelah mereka menggunakan toilet dapat menjadi penyebaran bakteri E. coli ke dalam dapur saji.

Terjadinya kontaminasi bakteri sebenarnya tak hanya terjadi pada restoran atau rumah makan dengan harga yang murah. Banyaknya pengunjung atau konsumen juga dapat membuat sanitasi dalam sebuah restoran kurang optimal.

Penggunaan bahan-bahan segar lebih rentan terhadap kontaminasi oleh bakteri karena tidak diproses atau diolah terlebih dahulu. Setelah itu bahan makanan segar harus disimpan pada suhu yang tepat dan dicuci, dipotong-potong atau dimasak dengan benar.

Dalam laporan keamanan pangan tahun 2008, CSPI mengungkapkan bahwa dalam Department Inspection Reports mereka menilai beberapa restoran yang ada di kota New York dan Los Angeles dengan harga yang lebih rendah dan tinggi yang menunjukkan bahwa restoran mahal biasanya sanitasinya lebih bersih.

Ada beberapa pelanggaran yang terjadi di restoran yang sanitasinya kurang baik seperti dalam suhu penyimpanan, karyawan tidak mencuci tangan setelah memegang daging mentah atau menggunakan toilet.

Untuk mengetahui apakah restoran itu bersih atau tidak, sebelumnya kita dapat melihat dari dapur suatu restoran dan alat makannya. Selain itu kita juga dapat mengecek melalui sosial media terhadap beberapa testimoni orang-orang mengenai restoran tertentu.



(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT