'Pusaka Rasa Nusantara' Membuat Dokumentasi Resep Tradisional yang Nyaris Punah

ADVERTISEMENT

'Pusaka Rasa Nusantara' Membuat Dokumentasi Resep Tradisional yang Nyaris Punah

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 26 Jan 2023 12:30 WIB
Pusaka Rasa Nusantara Membuat Dokumentasi Resep Tradisional yang Nyaris Punah
Foto: detikcom & dok. Pusaka Rasa Nusantara
Pontianak -

Menyelamatkan resep Indonesia, Pusaka Rasa Nusantara punya misi mulia. Perjalanan keliling Indonesia dilakukan demi melindungi resep yang nyaris punah.

Warisan budaya terbagi menjadi warisan budaya benda dan warisan budaya tak benda. Sulit rasanya untuk menjaga warisan budaya tak benda agar tetap lestari dan bertahan hingga ke generasi anak cucu.

Salah satunya adalah resep masakan tradisional yang hanya diturunkan secara generasi ke generasi tanpa bukti tercatat yang jelas. Bukan hal yang tak mungkin jika suatu saat resep-resep nenek moyang akan hilang ditelan zaman akibat tidak ada yang meneruskannya.

Peduli akan hal tersebut, Yayasan Nusa Gastronomy melakukan gebrakan unik demi menyelamatkan resep asli nenek moyang orang Indonesia. Melalui perjalanan bernama Pusaka Rasa Nusantara, perjalanan keliling Indonesia dilakukan demi mencatat resep-resep tradisional dan melestarikannya.

Dalam acara diskusi yang dilakukan di Bermuda Bold Coffee Pontianak (25/1) Meilati Batubara selaku Team Leader PRN mengungkapkan perjalanan yang panjang yang memberikan banyak pelajaran berharga. Ia mengungkapkan ada banyak alasan yang ternyata dapat membuat resep nenek moyang dapat punah dan menghilang.

"Penemuan selama perjalanan yang kami lakukan ternyata membuktikan bahwa banyak resep dan makanan tradisional Indonesia yang tidak bisa ditemukan di Google. Alasan suatu hidangan makanan itu bisa menghilang ternyata juga bukan hanya tidak diturunkan resepnya tetapi ada juga faktor ketersediaan sumber daya bahan yang hilang," tutur Mei.

'Pusaka Rasa Nusantara' Membuat Dokumentasi Resep Tradisional yang Nyaris PunahDalam acara diskusi, Meilati Batubara mengungkapkan banyak alasan yang dapat membuat resep nenek moyang punah. Foto: detikcom & dok. Pusaka Rasa Nusantara

Ekspedisi Pusaka Rasa Nusantara ini sudah dicanangkan sejak tahun 2021 silam dan baru memulai petualangannya pada awal tahun 2022 lalu. Seluruh kegiatannya bahkan mendapatkan dukungan oleh Pemerintah Amerika Serikat (US Embassy) melalui program hibah Ambassador Fund for Cultural Preservation (AFCP).

Hingga saat ini sudah ada belasan daerah yang dikunjungi mulai dari Aceh hingga Papua. Kini selama tujuh hari mulai dari tanggal 22 - 29 Januari 2023 ekspedisi Pusaka Rasa Nusantara menjelajahi provinsi Kalimantan Barat untuk mencatat dan mengumpulkan resep nenek moyang.

Beberapa titik yang disambangi di Kalimantan Barat diantaranya Singkawang, Bengkayang, Pontianak dan Putussibau. Perjalanan ini menyasar informan lokal sebagai narasumber utama dan kolaborasi dengan videografer lokal untuk melakukan dokumentasi dengan sudut pandang orang setempat yang mengenal lebih baik budaya dan adat yang berlaku.

Salah satu informan lokal yang ditemuinya adalah Damianus Nadu yang dituakan di Desa Sahan, Melayang, Kalimantan Barat. Pak Nadu menjadi salah satu pegiat yang menjaga resep nenek moyangnya hingga saat ini.

"Makanan itu juga warisan dari nenek moyang. Bahan-bahannya juga sudah tersedia di hutan yang harus dilestarikan untuk anak cucu nanti," kata Pak Nadu.

'Pusaka Rasa Nusantara' Membuat Dokumentasi Resep Tradisional yang Nyaris PunahSalah satu informan lokal menjadi pegiat dalam menjaga resep nenek moyang. Foto: detikcom & dok. Pusaka Rasa Nusantara

Tidak hanya berhenti di Kalimantan Barat dan atau pulau Kalimantan saja, tim Pusaka Rasa Nusantara akan terus melanjutkan jejak kakinya ke banyak daerah di Indonesia. Ketik berbincang langsung dengan detikcom, tim Pusaka Rasa Nusantara mengatakan bahwa pulau yang masuk dalam daftar selanjutnya adalah Kepulauan Nusa Tenggara.

Hal yang semakin membuat perjalanan ini menjadi lebih spesial bukan hanya bertujuan untuk mengenal budaya kulinernya saja. Tim Pusaka Rasa Nusantara juga mencatat resep peninggalan turun temurun ini secara detail dengan gramasi yang dibuat sama persis dengan resep aslinya.

Perjalanan tim Pusaka Rasa Nusantara juga seringkali membagikan momennya melalui akun Instagram @pusakarasaa yang menarik untuk diikuti. Hasil akhirnya perjalanan ini akan diabadikan secara sempurna dalam sebuah buku yang luar biasa.



Simak Video "Berkeliling ke Pasar Babi yang Populer di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT