4 Fakta Gari, Acar Jahe Merah yang Tidak untuk Dimakan Bareng Sushi

ADVERTISEMENT

4 Fakta Gari, Acar Jahe Merah yang Tidak untuk Dimakan Bareng Sushi

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 26 Jan 2023 07:30 WIB
Gari
Foto: Getty Images/iStockphoto/AG
Jakarta -

Saat makan sushi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya tidak makan sushi bersama jahe. Pakar ini pun menjelaskan alasan di baliknya.

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sudah mendunia. Banyak masyarakat di berbagai belahan dunia menikmati olah nasi dan seafood segar ini. Meskipun begitu, tidak semua orang paham cara memakan sushi yang benar.

Ketika makan sushi, seseorang bukan sekadar menikmatinya sebagai makanan enak, melainkan harus memperhatikan cara makannya termasuk saat sushi tidak bisa dimakan bersamaan dengan pendamping jahe.

Sushi biasanya akan dihidangkan dengan beberapa bumbu dan bahan pendamping seperti kecap asin, kecap manis, wasabi, dan jahe merah atau biasa disebut gari. Bahan pendamping dianggap sebagai semacam penambah rasa.

Ketika beberapa saus pendamping di hidangan lain boleh dimakan bersamaan, tidak dengan sushi bersama jahe yang harus dimakan terpisah. Mungkin banyak orang belum paham dengan aturan ini, karenanya merangkum beberapa sumber, ini penjelasannya.

1. Apa Itu Acar Jahe Merah atau Gari?

GariGari merupakan acar jahe yang biasanya menjadi pendamping saat makan sushi. Foto: Getty Images/iStockphoto/AG

Acar jahe merah atau biasa disebut Gari merupakan makanan pendamping sushi yang bermanfaat untuk membersihkan langit-langit sekaligus menetralkan mulut dengan sedikit sensasi rasa pedas. Jahe merah atau gari juga dikenal mampu meredakan sakit perut. Itu juga digunakan sebagai hiasan dalam penyajian sushi, lapor Sushi Faq.

Jahe sendiri merupakan tanaman herbal yang dikenal oleh masyarakat Asia akan khasiatnya dalam dunia medis. Sebagai pendamping sushi, jahe itu akan melalui proses pengasaman dan diawetkan hingga menjadi acar jahe yang dikenal saat ini.

2. Mengapa Jahe pada Sushi Berwarna Merah?

GariBiasanya jahe yang dipilih untuk membuat acar ini yaitu jahe yang masih sangat muda. Foto: Getty Images/iStockphoto/AG

Untuk hidangan sushi, jahe yang disajikan yaitu acar jahe yang sudah melalui proses pengawetan. Dalam pembuatannya, jahe yang dipilih adalah jahe yang masih sangat muda. Pemilihan jahe muda ini dilakukan atas dasar alasan teksturnya yang masih lembut dan terasa manis.

Jahe kemudian dipotong tipis-tipis lalu akan dibumbui dengan campuran cuka dan gula. Potongan jahe muda akan melalui pengasaman beberapa lama hingga menghasilkan warna yang semakin merah muda. Warna merah muda pada acar jahe ini lah yang menjadi ciri khas dari gari.



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT