8 Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Langsing Lebih Cepat

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

8 Alasan Minum Kopi Bisa Bikin Langsing Lebih Cepat

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 26 Jan 2023 07:00 WIB
Begini 5 Tips Aman Minum Kopi Agar Tak Gagalkan Diet
Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic
Jakarta -

Banyak orang minum kopi saat diet karena meyakini kafein dalam kopi bantu menurunkan berat badan lebih cepat. Bagaimana faktanya? Berikut penjelasannya.

Minum kopi tak hanya bantu tingkatkan energi dan fokus, tapi juga mempercepat usaha penurunan berat badan. Kandungan kafein menjadi kunci dari khasiat tersebut.

Mengutip We Are Littles (25/1), berikut 8 alasan minum kopi bantu menurunkan berat badan:

1. Kafein membakar kalori

Sebuah studi laboratorium yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function tahun 2012 mengungkap kafein meningkatkan thermogenesis, sebuah proses dimana tubuh memproduksi panas. Semakin banyak panas yang dihasilkan, maka semakin banyak kalori yang bakal terbakar.

Dengan kata lain, rajin minum kopi bisa membuat kalori yang dibakar tubuh lebih banyak. Proses penurunan berat badanpun menjadi lebih cepat dan efektif.

2. Kafein meningkatkan performa fisik

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Dapat 5 Manfaat Sehat IniFoto: Getty Images/Aleksandar Jankovic

Kafein memberikan pasokan energi yang besar dan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak simpanan lemak alih-alih simpanan karbohidrat yang terbatas di otot. Saat diminum 30 menit sebelum olahraga, kopi meningkatkan performa fisik dan membuat kamu merasa berenergi lebih lama.

Kondisi ini memungkinkan kamu membakar lebih banyak kalori selama berolahraga dan menurunkan berat badan lebih cepat. Minum kopi hitam sebelum aktivitas fisik apa pun juga memungkinkan lebih banyak kalori yang dibakar selama dan setelah olahraga, serta meningkatkan penggunaan asam lemak untuk energi aerobik.

3. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh

Kafein terbukti meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 3-11%. Semakin tinggi tingkat metabolisme kamu, maka semakin mudah bagi tubuh untuk membakar lemak. Tak heran jika kopi selalu jadi minuman andalan pelaku diet.

4. Kopi adalah sumber antioksidan yang baik

KopiFoto: iStock

Pakar penurunan berat badan, Keri Glassman melalui bukunya The 02 Diet mengungkap pentingnya konsumsi antioksidan saat diet. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menariknya, orang-orang di negara Barat mendapatkan 79% asupan antioksidan dari minuman, bukan makanan. Dalam studi di Finlandia dan Norwegia, kopi terbukti menjadi sumber antioksidan terbesar, menyediakan sekitar 64% asupan antioksidan total.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT